Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas II
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3042Abstract
Kosakata merupakan aspek penting bagi siswa dalam menyampaikan pesan dan pendapat. Namun beberapa studi menunjukkan bahwa penguasaan kosa kata siswa sekolah dasar masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran crosswod puzzle dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan penguasaaan kosakata siswa kelas II SDN Pulogebang 11. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan SDN Pulogebang 11 dengan subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 32, yang terdiri dari siswa perempuan 17 orang dan siswa laki laki 15 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penilaian yang diperoleh bahwa media pembelajaran crossword puzzle yang dikembangkan layak diujicobakan. Respon peserta didik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia materi bermain di lingkunganku melalui metode tanya jawab dengan media pembelajaran crossword puzzle menunjukkan respon yang baik dari peserta didik kelas II SDN Pulogebang 11.
Keywords:
kosakata bahasa indonesia, media pembelajaran, crossword puzzleDownloads
References
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.
Astuti, W. (2016). Berbagai Strategi Pembelajaran Kosa Kat Bahasa Arab. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 5(2).
Cabana, L. (2021). Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Crossword Puzzle Pada Peserta Didik Kelas Vii C Smp Negeri 3 Demak Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 16(3), 161-170.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Filisyamala, J. (2018). Pengaruh Media Televisi untuk Mengembangkan Kosakata Anak. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 253-259.
Hamidah, A., & Simatupang, N. D. (2020). Pengembangan Buku Panduan Teka Teki Silang pada Pemecahan Masalah Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 9(01), 1-15.
Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10-18.
Istiqomah, R. (2021). Pengembangan media anagram dan gambar untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa Kelas I SD Negeri Purwoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 54-67.
Khasanah, I., Laksmita, D., Tilman, R. D. C., & Rizky, R. (2015). Fenomena Penggunaan Bahasa Asing dalam Penamaan Bisnis Kuliner di Kawasan Soekarno-Hatta Kota Malang. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 2(1), 1-11.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI, 3(2), 243-252.
Marhalim, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri 006 Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi. GERAM, 5(2), 28-35.
Mustofa, S. S., & Abdullah, M. H. (2017). Penggunaan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Songgokerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 1491-1500.
Nurjannah, N. (2016). Peningkatan kemampuan penguasaan kosakata melalui kartu huruf bergambar siswa kelas II SDN 5 Soni. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(8), 119169.
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303-309.
Putra, I. N. A. S., Sutama, I. M., & Suandi, I. N. (2019). Analisis Perbandingan Pemerolehan Kosakata Bahasa Bali pada Balita. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 299-305.
Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 14(2), 87-99.
Sari, M. U. K., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Sunanto, S. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3614-3624.
Serani, G., & Heni, L. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 43 Tapang Aceh Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Kansasi, 5(1), 71-80.
Supardi, A. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 161-167.
Suryadi, E., & Milawasri, F. A. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Mahasiswafkip Universitas Tridinanti Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 232-239.
Syahrudin, D. (2010). Peranan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1).
Tantri, A. A. S. (2017). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 2(1).
Wiyanti, E. (2015). Peran minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Deiksis, 6(02), 89-100.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.
Zamzani, Z. (2014). Eksistensi bahasa Indonesia dalam pendidikan berbasis keragaman budaya. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 225-244.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sabrina Ramadhania, Yamin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work