Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1324Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran IPA kelas 5 SDN Ciracas 15 Pagi dan SDN Susukan 08 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa SDN Ciracas 15 Pagi dan SDN Susukan 08 Pagi dan sampelnya adalah siswa kelas V SDN Ciracas 15 Pagi berjumlah 63 siswa dan SDN Susukan 08 Pagi berjumlah 64 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampel. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dari 30 pernyataan didapatkan 25 pernyataan valid serta 5 pernyataan tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha cornbarch. Mencari nilai prosentase efektivitas kuis interaktif aplikasi Kahoot, digunakan rumus index %. Hasil penelitian perhitungan angket sebanyak 127 siswa mendapatkan skor tertinggi 124 dan skor terendah 100. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kuis interaktif aplikasi Kahoot efektif dan mendapat respon yang sangat baik dari siswa pada proses pembelajaran IPA.
Keywords:
efektivitas kahoot, pembelajaran IPADownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work