Respon Guru Terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi Di Masa Pandemi COVID-19

  • Tuti Kurniati UIN Sunan Gunung Djati
  • Iwan Ridwan Yusup UIN Sunan Gunung Djati
  • Asni Sri Hermawati UIN Sunan Gunung Djati
  • Devi Kusumahwardani Program Studi Pendidikan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dewi Wijayanti UIN Sunan Gunung Djati
  • Irhamudzikri UIN Sunan Gunung Djati
Keywords: kendala, pembelajaran, alternatif, pandemi covid-19

Abstract

Pada saat kondisi pandemi, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui respon guru terhadap kendala dalam proses pembelajaran Biologi pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengisian angket berupa Google Form. Hasil dari respon para guru yaitu mengenai kehadiran 70% - 90% melakukan alternatif berupa via on camera dan gooogle form, mengenai kendala sinyal dan kuota dari 90% - 100% menyiapkan alternatif berupa pemberian bahan ajar dan media, mengenai kendala penilaian dari 60% - 100% menyiapkan alternatif berupa daily journey dan diskusi, mengenai kendala penjelasan materi rata-rata guru menyiapkan alternatif berupa video penjelasan 60%, kuis 100% dan video animasi 100%, mengenai kendala praktikum bahwa guru rata-rata memberikan alternatif membuat video dan memberi soal dengan 100% dan memberikan alternatif video sederhana 80%. Beberapa kendala yang terjadi pada pembelajaran biologi secara daring antara lain jaringan internet, kehadiran siswa selama berlangsungnya pembelajaran, proses berlangsungnya pembelajaran, pelaksanaan praktikum dan penilaian siswa. Dari kendala tersebut guru memberikan beberapa alternatif agar pembelajaran tetap berlangsung ditengah keterbatasan antara guru dan siswa.

References

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Ernawati, Y. 2020. Problematik Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. 13(1): 01-15.
Erniwati. Eso, R. & Rahmia, S. 2014. Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video Dalam Pembelajaran IPA Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Perubahannya. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 10(3): 269-273.
Fadli, M.Z.& Hidayati, R.N. 2020. Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Whatsapp Group. Journal of Islamic Education Policy. 5(2): 99-110.
Husein, Batubara, Hamdan. 2016. Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 8(1) : 39-50.
Jariyah, I.A. dan Esti Tyastirin. 2020. Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19: Analisis Respon Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. Vol 4(2):183-196.
Jusuf , R., & Maaku , A. (2020). Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah. Jurnal Ilmiah Iqra', 13(2), 155-170.
Nurdyansyah dan Mutala’liah. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah.
Pangestuningsih, Dwi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN Balas Klumprik Surabaya. Jurnal penelitian PGSD. Vol 1(2).
Prajana, Andika. 2017. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Dalam Media Pembelajaran Di Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal PendidikanTeknologi Informasi.1(2) :122-133.
Published
2021-03-01
How to Cite
Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., Kusumahwardani, D., Wijayanti, D., & Irhamudzikri, I. (2021). Respon Guru Terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40-46. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765
Section
Articles