Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Angklung: Pendekatan Filsafat Etika
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12560Abstract
Artikel ini membahas pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran angklung dari perspektif etika dan estetika. Pendidikan karakter menjadi kebutuhan mendesak dalam menghadapi krisis moral di kalangan pelajar. Dengan metode studi literatur, artikel ini mengkaji berbagai penelitian terkait pembelajaran angklung dan potensinya dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti kerja sama, tanggung jawab, toleransi, kedisiplinan, dan cinta tanah air. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran angklung, baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, efektif membangun karakter siswa melalui pendekatan seni yang integratif. Selain meningkatkan keterampilan musikal, proses pembelajaran angklung juga memperkuat nilai-nilai moral, budaya, dan sosial. Penulis menyoroti pentingnya mengadopsi pendekatan berbasis kearifan lokal, seperti filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, dalam mendukung pembentukan karakter siswa yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian, pembelajaran angklung tidak hanya menjadi media seni, tetapi juga sarana strategis untuk membangun generasi muda yang beretika, berkarakter, dan memiliki kebanggaan terhadap budaya bangsa.
Keywords:
pendidikan karakter, etika, pembelajaran angklungDownloads
References
Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 187. https://doi.org/10.21070/kanal.v4i2.1452
Anisyah, N., Marwah, S., & Maharani, R. (2023). Pendidikan Karakter Ditengah – Tengah Maraknya Krisis Moralitas Di Era Millenial. Mikraf: Jurnal Pendidikan, 4(1), 48–55. https://doi.org/10.70338/mikraf.v4i1.93
Apriliani, E., & Sinaga, R. P. K. (2023). Upaya Pembentukan Karakter Melalui Kelompok Belajar Alat Musik Angklung pada Siswa Kelas 5 SDN 068083 Medan. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 2(4), 438–445. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v2i4.2163
Djafar, N. (2023). … KEARIFAN LOKAL DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER MAHASISWA SENDRATASIK FSB UNG SEBAGAI UPAYA MENJAWAB TANTANGAN PENDIDIKAN …. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/article/view/24692
Fadilah, I. K. Z. F. U. L. (2023). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Etika Sosial dan Moral Siswa. 5(3).
Fitri, A. M. A. A. N. S. T. E., & Muhammadi, D. (2023). Pendidikan Etika Di Sekolah Dasar Berdasarkan Perspektif Filsafat: Tinjauan Pustaka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VIII(3), 5709–5717.
Gumilar, T. (2024). ANGKLUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUSIK. 7(1), 460–469.
Haifa, H. N. S., Khaleda Nurmeta, I., & Hamdani Maula, L. (2023). Analisis Karakter Kerjasama Ekstrakurikuler Angklung Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2877–2889. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8106
Ibrahim, T., & Hendriani, A. (2017). Kajian Reflektif Tentang Etika Guru Berbalut Filsafat Moral Utilitarianisme. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 135–145.
Kurnia, R. Z. D. A. L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah Dasar. 3, 915–924.
Madina, A., Ardipal, A., Hakim, R., & Miaz, Y. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3134–3141. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1293
Manalu, M. A. S. A. N. T. I. G. J. (2023). Penguatan Pendidikan Moral Bagi Siswa Smks Parsaoran Melalui Teknik Penyuluhan Dan Psikologi Di Era Globalisasi. 4(6), 12859–12865.
Noventue, R., Ginanjar, S., & Astutik, A. (2024). Hakikat Pendidikan:Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki HajarDewantara Dan Nilai-NilaiPancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2809–2818.
Nuraida, E., & Milyartini, R. (2016). MELALUI KEGIATAN BERMAIN ANGKLUNG ( Penelitian Tindakan Kelas di TK Laboratorium Percontohan Universitas Pendidikan Indonesia ). Swara, IV(2), 1–14.
Nurfitriyanti, M., Candra, E. N., & Suharyati, H. (2024). Peran Sekolah dalam Mencegah Bullying di Sekolah ditinjau dari Filsafat Etika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2041–2048. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6539
Nurhidayati, I. K. A. (2021). Pembelajaran Seni Tari Berbasis Kearifan Lokal Dalam. Jurnal Elementary, 4(1), 32–35.
Oktari, S. T. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENDIDIKAN SENI MUSIK. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/897
Pravitasari, D., Febriani, Y., & ... (2024). Upaya Membangun Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Budaya di SDN Tanah Merah. Madani: Jurnal …. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1750
Tresia Oktari, S., & Desyandri. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Seni Musik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1771–1779. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.897
Untari, A. D. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Angklung Sebagai Sarana Pengembangan Perilaku Cinta Tanah Air. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 1(1), 14–29. https://doi.org/10.47080/propatria.v1i1.136
Winarti, A. (2022). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Kegiatan Pelatihan Seni Angklung Yang Diselenggarakan Oleh Saung Ujo. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 433–440. https://doi.org/10.37577/jp3m.v4i2.474
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gemalia Rahmawati, Syihabuddin Syihabuddin, Maulia Depriya Kembara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work