Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Engklek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nikhayah Universitas Muria Kudus
  • Murtono Univeristas Muria Kudus
  • Mila Roysa Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1284

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa SD 1 Jepang tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian terdiri:  perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Metode pengumpulan data wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kondisi pra siklus menunjukkan muatan Bahasa Indonesia terdapat 9 siswa yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 70 dan muatan IPS hanya 5 siswa yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 67. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada Hasil belajar aspek pengetahuan siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 62,5% ke siklus II memperoleh 87,5% berkategori sangat baik, sedangkan aspek keterampilan siklus I memperoleh 57,14% ke siklus II 83,52% berkategori sangat baik. Hal ini membuktikan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan hasil belajar siswa tema 4 Berbagai Pekerjaan kelas IV SD 1 Jepang.

 

Keywords:

NHT, engklek, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S. (2014). Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan (Vol 8 No.2) Banda Aceh.
Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual dan Metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan , 6 (2).

Bahri Syaiful dan Lestari, E. T. (2020). Implementasi Nilai Peduli Sosial Melalui Tradisi Ter-Ater Masyarakat Suku Madura Oada Pembelejaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Mts Al Ikhlas Kuala Mandor B. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 10 (2).

Hastaty, D. (2018). Penerapan Engklek Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Dikdaktika Pendidikan Dasar , 2 (1).

Hutama, F. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Asing Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol 5 No. 2) Jember.

Kanzunnudin, M. (2010). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Rembang : Yayasan Adhigama.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtono. (2017). Merencanakan dan Mengelola Student Center Learning. Ponorogo: Wade Grup.

Oktavianti Ika, M. K. (Tahun 2013/2014). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas IV SD 2 Bacin Kudus. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1).

Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Santoso, d. E. (2019). Tradisi Dandangan Sebagai Kajian Pembelajaran Dalam Mendukung Pencapaian Visi Universitas Kebudayaan (Studi pada Mata Kuliah Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial). Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10 (1).

Sapto Agung Nugroho, d. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo , (Vol 2 No. 1).

Downloads

Abstract Views : 589
Downloads Count: 360

Published

2021-07-31

How to Cite

Nikhayah, S., Murtono, M., & Roysa, M. . (2021). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Engklek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 785–790. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1284

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.