Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Engklek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1284Abstract
Penelitian bertujuan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa SD 1 Jepang tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian terdiri: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Metode pengumpulan data wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kondisi pra siklus menunjukkan muatan Bahasa Indonesia terdapat 9 siswa yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 70 dan muatan IPS hanya 5 siswa yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 67. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada Hasil belajar aspek pengetahuan siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 62,5% ke siklus II memperoleh 87,5% berkategori sangat baik, sedangkan aspek keterampilan siklus I memperoleh 57,14% ke siklus II 83,52% berkategori sangat baik. Hal ini membuktikan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan hasil belajar siswa tema 4 Berbagai Pekerjaan kelas IV SD 1 Jepang.
Keywords:
NHT, engklek, hasil belajarDownloads
References
Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual dan Metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan , 6 (2).
Bahri Syaiful dan Lestari, E. T. (2020). Implementasi Nilai Peduli Sosial Melalui Tradisi Ter-Ater Masyarakat Suku Madura Oada Pembelejaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Mts Al Ikhlas Kuala Mandor B. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 10 (2).
Hastaty, D. (2018). Penerapan Engklek Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Dikdaktika Pendidikan Dasar , 2 (1).
Hutama, F. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Asing Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol 5 No. 2) Jember.
Kanzunnudin, M. (2010). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Rembang : Yayasan Adhigama.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murtono. (2017). Merencanakan dan Mengelola Student Center Learning. Ponorogo: Wade Grup.
Oktavianti Ika, M. K. (Tahun 2013/2014). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas IV SD 2 Bacin Kudus. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1).
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Santoso, d. E. (2019). Tradisi Dandangan Sebagai Kajian Pembelajaran Dalam Mendukung Pencapaian Visi Universitas Kebudayaan (Studi pada Mata Kuliah Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial). Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10 (1).
Sapto Agung Nugroho, d. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo , (Vol 2 No. 1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work