Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Pada Anak SD

Authors

  • Suprihatin Setyoningsih Universitas Muria Kudus
  • Yuni Ratnasari Universitas Muria Kudus
  • F. Shoufika Hilyana Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5015

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mananamkan sikap disiplin dan tanggung jawab belajar anak SD. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Subjek penelitian ini adalah 4 orang tua dan anak. Penelitian ini di laksanakan di desa Danyangmulyo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian kualitatif yang digunakan meliputi kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 subjek yang menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab dengan baik dan terdapat 2 subjek yang belum sepenuhnya dalam bersikap displin dan tanggung jawab dan Setiap orang tua dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab belajar anak orang tua menggunakan cara yang sama tetapi untuk ditanamkan kepada anak memiliki hasil yang tidak sama hal itu bisa terjadi karena setiap anak memiliki karakter atau sikap yang berbeda- beda, terkadang masih terdapat anak yang di kasih tahu langsung nurut, kadang juga harus diberitahu berkali- kali, sebagai orang tua hanya mengusahakan yang terbaik untuk anaknya. Ada bebarapa cara yang dapat di lakukan oleh orang tua dalam menanamkan sikap tersebut seperti pembiasaan, keteladanan, penyadaran dan pengawasan yang tidak kalah penting juga orang tua berperan sebagai guru(panutan), orang tua sebagai pengajar dan orang tua sebagai pemberi contoh bagi anaknya dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab belajar pada anak di desa Danyangmulyo.

Keywords:

Peran orang tua, Disiplin belajar, Tanggung jawab Bejajar, Anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. (2021). Sinergitas Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).

Arifin, F. A. R., & Tjahjono, A. B. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Di Keluarga. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Daulae, T. H. (2020). Upaya Keluarga dalam Pembinaan Disiplin Belajar di Era Milenial. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 8(2), 261-278.

Faizah, N. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah di SMA Negeri 2 Klaten. In Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan dan PengembanganPendidikan di Era Revolusi Industri (Vol. 4, pp. 108-115).

Girsang, M. L., Shalihat, H. M., Panggabean, R. D., & Lahagu, R. J. (2022). Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia 5-6 Tahun Selama Belajar Online Di TK Swasta Talitakum Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 4(1), 147-156.

Herlina, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar (SD) di Korong Rimbo Karambia, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 45-49.

Lase, M. B., & Tafonao, T. (2021). Urgenitas Pengawasan Orang Tua Dalam Mendampingi Psikologi Anak Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi. Xairete: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 15-27.

Lestari, P., & Lisdiana, A. (2023). Peran Guru Ips Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Di Mts Raudlatul Hidayah Ma’arif Nu 22 Mengandung Sari Lampung Timur. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 3(2), 253-264.

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.

Navida, I., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 11-21.

Ngewa, H. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. Educhild (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 96-115.

Pangastuti, R., Pratiwi, F., Fahyuni, E. F., & Kammariyati, K. (2020). Pengaruh pendampingan orangtua terhadap kemandirian dan tanggung jawab anak selama belajar dari rumah. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 132-146. doi: 10.15642/jeced.v2i2.727.

Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.

Tabroni, I., & Juliani, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Pada Masa Pandemi Di Rt 64 Gang Mawar Iv Purwakarta. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 16-22.

Trisnawati, Y., & Suwanda, I. M. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Anak Pada Pembelajaran Daring Di Dusun Winong Kabupaten Ngawi. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(2), 274-288.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: jurnal Pendidikan anak usia dini, 5(1), 772.

Downloads

Abstract Views : 204
Downloads Count: 425

Published

2023-07-01

How to Cite

Setyoningsih, S., Ratnasari, Y., & Hilyana, F. S. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Pada Anak SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1160–1166. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5015

Issue

Section

Articles