Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rian Deriyansah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Puri Pramudiani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2297

Keywords:

pendidikan orang tua, hasil belajar, IPS

Abstract

Latar belakang pendidikan orang tua menjadi tolak ukur keberhasilan siswa disekolah, semakin tinggi pendidikan orang tua maka keberhasilan siswa juga akan semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Nurul Huda Kapuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian survey. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis sampel jenuh. Peneliti memperoleh sampel yang diambil adalah kelas IV-A sebanyak 33 peserta didik. Uji validitas menggunakan rumus product moment. Pada soal kuesioner terdapat 25 soal valid dari 30 soal yang telah diujikan. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dan diperoleh ri > rtabel (0,928 > 0,396), sehingga instrumen dikatakan reliabel. Penelitian ini tidak mengunakan uji prasyarat analisis karena data yang diperoleh berbentuk nominal dan analisis katagorisasi, sehingga perhitungan data termasuk menggunakan statistika nonparametris dengan Uji Chi-Kuadrat. Uji hipotesis menggunakan uji chi-kuadrat dan didapatkan nilai X2hitung < X2tabel (1,273 < 5,991), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Nurul Huda Kapuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS. Mewacanakan Pendidikan IPS.
Hasbullah, D. (2017). dasar dasar Ilmu Pendidikan, edisi revisi. In Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46–50.
Mularsih, H. & H. K. (2017). (2017). Belajar dan Pembelajaran. In Depok: Raja Grafindo Persada.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Puspitaningtyas, D. Z. P. (2015). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Ngemplak Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.
Reskia, S., Herlina, H., & Zulnuraini, Z. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN Inpres 1 Birobuli. Jurnal Dikdas, 2(2).
Sinar, D. (2018). Metode active learning. Yogyakarta, Indonesia: Deepublish.
Sugiyono, prof D. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D edisi kedua. CV. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, prof D. (2019b). Statistika untuk penelitian cetakan ke-30. In Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Rian Deriyansah, & Pramudiani, P. . (2022). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 634–640. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2297

Issue

Section

Articles