Peran Guru PPKn Dalam Mengatasi Berbagai Macam Pelanggaran Tata Tertib Pada Siswa Kelas XII SMK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1269Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan mereka Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran serta apa saja hambatan yang muncul dalam upaya mengatasi barbagai macam pelanggaran tata tertib pada siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 1 Randublatung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang disajikan dalam bentuk kata-kata dan mendeskripsikan hasil temuan penelitian. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan siswa kelas XII TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 Randublatung. Pada penelitian kualitatif peneliti menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran yang dilakukan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengatasi berbagai macam pelanggaran tata tertib sudah dilaksanakan dengan baik. Untuk hambatan yang dirasakan pada saat ini keterbatasan alokasi waktu menberikan pembinaan dan bimbingan mengingat situasi pandemic Covid-19 jadi pembelajaran masih dilakukan secara daring. Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Muhammadiyah 1 Randublatung diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan bimbingan dan pembinaan dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa, supaya pembinaan dan pemberian bimbingan dalam mengatasi macam pelanggaran tata tertib dapat tercapai secara optimal.
Keywords:
Peran Guru, Macam Pelanggaran, Tata TertibDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work