Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Karya Imam Al-Ghazali
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9019Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan akhlak penting untuk pembentukan karakter yang baik. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk melanjutkan penelitian sebelumnya tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Bidāyah Al-Hidāyah karena peneliti beranggapan terdapat research gap dengan penelitian sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lebih dalam tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Bidāyah Al-Hidāyah dan relevansinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan dan mengolah data yaitu editing, organizing, dan penemuan hasil temuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Bidāyah Al-Hidāyah diantaranya akhlak kepada Allah SWT meliputi; akhlak mempunyai niat yang baik dalam menuntut ilmu dan akhlak memperbanyak żikir/mengingat Allah SWT, akhlak kepada diri sendiri meliputi; akhlak memanfaatkan waktu dengan baik dan akhlak menjaga diri dan menjauhi larangan-Nya, akhlak kepada sesama manusia meliputi; akhlak sebagai seorang pendidik/guru, akhlak sebagai seorang peserta didik/murid, akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap orang awam, akhlak terhadap sahabat, dan akhlak terhadap orang yang baru di kenal. Kemudian nilai pendidikan akhlak tersebut mempunyai relevansi terhadap pendidikan karakter di indonesia diantaranya; religius, toleransi, disiplin, demokratis, bersahabat /komunikatif, peduli sosial, dan tanggung jawab.
Keywords:
Bidayah Al-Hidayah, Pendidikan Akhlak, Pendidikan KarakterDownloads
References
Al-Ghazali, Abu Hamid. (1998). Tuntunan Mencapai Hidayah Ilahi terj. M. Fadlil Sa’d an-Nahdi. Surabaya: Al-Hidayah.
Al-Ghazali, Abu Hamid. (2008). Mutiara Ihya’ Ulumuddin: Ringkasan yang Ditulis Sendiri Oleh Sang Hujjatul Islam. Mukhtashar Ihya ‘Ulumuddin terj. Irwan Kurniawan. Bandung: Mizan Pustaka.
Al-Ghazali, Abu Hamid. Bidayah Al-Hidayah.
Ali, Agus. dkk. (2021). “Pendidikan Akhlak dan Karakter sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia”. HAWARI Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam. Vol. 2, No. 1.
Faiz, Aiman. dkk. (2021). “Tinjauan Analisis Kritis terhadap Faktor Penghambat Pendidikan karakter di Indonesia”. Jurnal Basicedu. Vol. 5, No. 4.
Fauziatun, Nurlaily dan M. Misbah. (2020). “Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Pendidikan Karakter”. Jurnal Kependidikan. Vol. 8, No. 2.
Haryono, Eko. (2023). “Metodologi Penelitian Kulaitatif di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam”. The Journal of Islamic Studies. Vol. 1, No. 1.
Nurmala. (2021). “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidāyah Al-Hidāyah karya Imam Al-Ghazali”, Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Patel. (2012). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kulaitatif . Yogyakarta: Rake Sarasin.
Pristiwanti, Desi. dkk. (2022). “Pengertian Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4, No. 6.
Q.S. Al-‘Asr: 1-3.
Rizal, Saiful. Kiat Mencapai Hidayah Terjemah Bidayatul Hidayah. Surabaya: Aulia.
Sirait, Ibrahim. (2022). “Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Islam”. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 2, No.2.
Sukatin. dkk. (2023). “Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Vol. 3, No. 5.
Tarigan, Ira Wahyuni Br. dkk. (2024). “Analisis tentang Ragam Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam”. Journal of Education Research. Vol. 5, No. 1.
Wijaya, Umarti Hengki. (2020). Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Slamet Yahya, Eri Syahriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work