Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Pada Asesmen Kompetensi Minimum
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9179Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengelolaan perpustakaan dapat berkontribusi terhadap literasi membaca siswa dalam konteks penilaian kompetensi minimum serta faktor pendukung dan penghambatnya. MA Nurul Jadid dipilih sebagai lokasi penelitian karena sekolah ini memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi siswa melalui berbagai inisiatif, termasuk pengelolaan perpustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, waka kurikulum,siswa, guru, staf perpustakaan. Observasi langsung dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis tematik yang terdiri dari transkipsi (mengubah data menjadi teks), pengkodean (memberikan kode tema-tema dalam data), pengelompokan tema (mengelompokkan kode menjadi tema besar dan relevan), serta interpretasi (memberikan interpretasi dan merumuskan rekomendasi). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengelolaan perpustakaan di MA Nurul Jadid berjalan dengan lancer mulai dari segi perencanaan, perpustakaan telah menyelenggarakan kegiatan seperti pengadaan bahan koleksi, penganggaran, dan pengelolaan sumber daya manusia. Aspek organisasi perpustakaan terstruktur dengan baik sehingga memungkinkan staf perpustakaan menjalankan perannya masing-masing secara efektif. Aspek mobilisasi pengelolaan perpustakaan meliputi pelayanan dan penyediaan sarana prasarana yang diperlukan. Dalam hal pengawasan, perpustakaan melakukan pengawasan secara berkala setelah program kerja selesai. Faktor pendukung diantaranya adanya dukungan stakeholder, kegiatan workshop, ketersedian buku, lokasi yang strategi, serta lingkungan yang nyaman. Sedangkan faktor penghambat diantaranya ruang masih kurang memadai, pembagian jadwal yang belum tersingkron dan minimnya petugas perpustakaan.
Keywords:
asesmen kompetensi minimum, literasi membaca, manajemen perpustakaanDownloads
References
Amalia, R., & Fauzi, F. (2023). Library Management In Increasing Students’ Interesting In Reading. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(2), 946–960.
Arillia, I., Bukhori, E. M., & Aimmah, M. (2023). Manajemen Layanan Perpustakaan Madrasah dalam meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di MTs Negeri 10 Jember. Rausyan Fikri Journal of Islamic Studies, 1(2), 104–117. https://doi.org/10.62283/rijis.v1i2.13
Ayunitias, E., Fatimah, S., & Ar, R. (2019). Pengaruh Manajemen Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7874
Diana, E., Efendi, L. M., & Kamila, S. N. (2022). Strategi Guru Dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Asesmen Nasional Di Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, 1(3), 142–154.
Hansyah, J., Putra, A. E., & Nugroho, A. S. (2019). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Ta’lim, 1(2), 43–49. https://doi.org/10.36269/tlm.v1i2.114
Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151
Hidayati, S., Botifar, M., & Khair, U. (2021). Strategi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 151. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3557
Krisdiantoro, W. T., Rangkuti, Y. Y., & Maryani, N. (2022). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Program Literasi Siswa. TADBIR MUWAHHID, 6(1), 77–93. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5498
Mannan, A. F., Rofiki, M., & Diana, E. (2023). Pengelolaan Sarana Pendidikan: Upaya Meningkatkan Literasi Siswa Melalui Pojok Baca Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 3108–3120.
Miftah, R. N., & Setyaningsih, R. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2199. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5780
Muhammad Ainul Yaqin. (2022). Strategy Of Library Development Towards Digital Library. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 52–69. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.417
Naimah, N. (2021). Manajemen Perpustakaan Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Dan Minat Baca. Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 24–39. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v9i1.2038
Ningsih Novita Rina, M. (2024). Implementasi Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SMK Islam Nurul Hikmah Sangatta.
Ramadhan, R. (2019). Manajemen Program Literasi Dalam Paraktik Pembudayaan Membaca Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional “ Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”
Reniwati, R. (2022). Manajemen Kurikulum dalam Menyikapi Merdeka Belajar di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.51700/manajemen.v2i2.338
Risma Firda Diana, Khoiriyah, Z., & Zuhdan, M. T. (2022). Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Sebagai Pusat Belajar Yang Meningkatkan Literasi Siswa Mi Idzharul Ulum Lamongan: Optimizing The Function Of Library As A Learning Center That Improves Student’s Literacy At Mi Idzharul Ulum Lamongan. KHIDMATUNA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.36781/khidmatuna.v1i1.312
Rofiki, M., & Munawaroh, W. (2021). Pengantar Manajemen Pendidikan Islam: Teori dan Praktek di Sekolah (K. Rasmana, ed.). Malang: CV Ampuh Multi Rejeki.
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Simanungkalit, P. N. B., Rambe, N. A., & Wulandari, D. H. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Sebagai Alternatif Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal inspirasi Pendidikan (AlFIHRIS), 1(2), 262–269.
Susilawati, E., Abdurakhman, O., & Maryani, N. (2021). Manajemen Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar di Madrasah Aliyah. TADBIR MUWAHHID, 5(2), 219–243.
Warman, A. (2023). Assesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS1), 1(1), 22–29.
Widyawati, B. (2019). Peningkatan Kompetensi Literasi Bagi Peserta Didik Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi 4.0,” 415–422.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mamroatul Rokfah, Eka Diana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work