Efektivitas Media Tanah Liat Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya di SDN Jambeyan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12428Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam pembelajaran seni budaya di kelas 3 SDN Jambeyan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media tanah liat terhadap peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni budaya siswa kelas 3 di SDN Jambeyan. Penelitian dilakukan di SDN Jambeyan. Kreativitas siswa dapat dipahami sebagai kemampuan individu untuk menemukan, menciptakan, dan mengembangkan ide-ide yang baru dan orisinal. Peran kreativitas sangat penting bagi siswa, karena dapat mempengaruhi hasil belajar mereka dan sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir yang mendorong penciptaan inovasi-inovasi baru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-intervation design dengan model one group pre-intervation dan pos-tintervation. Dalam penelitian ini, populasi dan sampel terdiri atas seluruh kelas 3 di SDN Jambeyan, yang mencakup 21 siswa. Rincian jumlah siswa tersebut adalah 15 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa dan variabel bebasnya adalah media tanah liat. Teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data akan dianalisis menggunakan uji paired sampel t-test dan uji n-gain menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan hasil dari uji paired sampel t-test yaitu terdapat perbedaan nilai rata-rata preintervation dan postintervation yaitu 137,333 (angket observasi) 93,523 (angket respon) untuk nilai preintervationnya dan 256, 714 (angket respon) 178, 571 (angket observasi) untuk hasil preintervationnya. Selain itu nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata skor preintervation dan postintervation. Pada uji N-gain menunjukkan diperoleh nilai N-Gain skor angket observasi dan respon sebesar 0,7725 dan 0,7995 yang artinya efektivitas media tanah liat dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan kriteria tinggi.
Keywords:
Media Tanah Liat, Kreativitas Siswa, Seni BudayaDownloads
References
Fajrie, N. (2016). Pengenalan kegiatan seni rupa untuk anak tunanetra dalam upaya mengembangkan kemampuan sensitivitas. Imajinasi: Jurnal Seni, 10(2), 153–158.
Fajrie, N. (2023). Pembelajaran Seni Rupa: Karya Seni Tiga Dimensi dengan Bahan Tanah Liat. Penerbit NEM.
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121
Hidayatullah, R. (2020). Pendidikan Seni di Era Digital. Pendidikan Seni Hari-Ini.
Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367.
Iskhaq, A., Oktaviyanti, I., & Fajrie, N. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Genteng Desa Mayongkidul Jepara. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2).
Juniarti, Y., Djuko, R. U., & Ajam, V. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 160–166.
Kironoratri, L. (2020). Komik Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Media Pembelajaran Memproduksi Teks Cerpen. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Kironoratri, L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Pelatihan Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Media Cat Air Dan Barang Bekas Pada Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 53–62.
Nikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44–52.
Obaje, S. O., Omada, J. I., & Dambatta, U. A. (2013). Clays and their industrial applications: Synoptic Review. International Journal of Science and Technology, 3(5), 264–270.
Rahayu, I., & Mayar, F. (2019). Pengaruh Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 29 Tanjung Aur Padang. Al Hikmah: Indonesia Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 32–40.
Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan kreativitas anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 95–106.
Rohandini, F., Utaminingsih, S., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V Di Sdn Gajah 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 658–670.
Setiawan, I., Wakih, A. A., & Febrianti, W. D. (2024). PERMAINAN PLAYDOUGH DARI TANAH LIAT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SDN CIPARAY. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 407–421.
SETYOWATI, M. I. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE BERMAIN TANAH LIAT TK B DI TK ISLAM AL HIDAYAH MRANGGEN-DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Universitas PGRI Semarang.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Penerbit Alfabeta.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.
Wahyuni, A. (2019). Melalui metode bermain tanah liat dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak kelompok B1 TK Babussaadah Sabang. JEPS (Jurnal Ekonomi, Pendidikan, Dan Sains), 3(2), 171–181.
Wardana, R. W., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa dengan model think pair share (tps) berbantuan mystery pics. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 20–24.
Wijayanti, D., Murtono, M., & Kironoratri, L. (2020). Peningkatan Hasil belajar Siswa Melalui Model Quantum Teaching dan Media Palang Arahku. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 80–85.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 khusnul khotimah, Nur Fajrie, Lintang Kironoratri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work