Efektivitas Media Tanah Liat Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya di SDN Jambeyan

Authors

  • Khusnul Khotimah Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus
  • Lintang Kironoratri

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12428

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam pembelajaran seni budaya di kelas 3 SDN Jambeyan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media tanah liat terhadap peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni budaya siswa kelas 3 di SDN Jambeyan. Penelitian dilakukan di SDN Jambeyan. Kreativitas siswa dapat dipahami sebagai kemampuan individu untuk menemukan, menciptakan, dan mengembangkan ide-ide yang baru dan orisinal. Peran kreativitas sangat penting bagi siswa, karena dapat mempengaruhi hasil belajar mereka dan sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir yang mendorong penciptaan inovasi-inovasi baru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-intervation design dengan model one group pre-intervation dan pos-tintervation. Dalam penelitian ini, populasi dan sampel terdiri atas seluruh kelas 3 di SDN Jambeyan, yang mencakup 21 siswa. Rincian jumlah siswa tersebut adalah 15 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa dan variabel bebasnya adalah media tanah liat. Teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data akan dianalisis menggunakan uji paired sampel t-test dan uji n-gain menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan hasil dari uji paired sampel t-test yaitu terdapat perbedaan nilai rata-rata preintervation dan  postintervation yaitu 137,333 (angket observasi) 93,523 (angket respon) untuk nilai preintervationnya dan 256, 714 (angket respon) 178, 571 (angket observasi) untuk hasil preintervationnya. Selain itu nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata skor preintervation dan postintervation. Pada uji N-gain menunjukkan diperoleh nilai N-Gain skor angket observasi dan respon sebesar 0,7725 dan 0,7995 yang artinya efektivitas media tanah liat dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan kriteria tinggi.

Keywords:

Media Tanah Liat, Kreativitas Siswa, Seni Budaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajrie, N. (2016). Pengenalan kegiatan seni rupa untuk anak tunanetra dalam upaya mengembangkan kemampuan sensitivitas. Imajinasi: Jurnal Seni, 10(2), 153–158.

Fajrie, N. (2023). Pembelajaran Seni Rupa: Karya Seni Tiga Dimensi dengan Bahan Tanah Liat. Penerbit NEM.

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121

Hidayatullah, R. (2020). Pendidikan Seni di Era Digital. Pendidikan Seni Hari-Ini.

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367.

Iskhaq, A., Oktaviyanti, I., & Fajrie, N. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Genteng Desa Mayongkidul Jepara. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2).

Juniarti, Y., Djuko, R. U., & Ajam, V. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 160–166.

Kironoratri, L. (2020). Komik Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Media Pembelajaran Memproduksi Teks Cerpen. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Kironoratri, L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Pelatihan Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Media Cat Air Dan Barang Bekas Pada Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 53–62.

Nikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44–52.

Obaje, S. O., Omada, J. I., & Dambatta, U. A. (2013). Clays and their industrial applications: Synoptic Review. International Journal of Science and Technology, 3(5), 264–270.

Rahayu, I., & Mayar, F. (2019). Pengaruh Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 29 Tanjung Aur Padang. Al Hikmah: Indonesia Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 32–40.

Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan kreativitas anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 95–106.

Rohandini, F., Utaminingsih, S., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V Di Sdn Gajah 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 658–670.

Setiawan, I., Wakih, A. A., & Febrianti, W. D. (2024). PERMAINAN PLAYDOUGH DARI TANAH LIAT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SDN CIPARAY. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 407–421.

SETYOWATI, M. I. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE BERMAIN TANAH LIAT TK B DI TK ISLAM AL HIDAYAH MRANGGEN-DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Universitas PGRI Semarang.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Penerbit Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.

Wahyuni, A. (2019). Melalui metode bermain tanah liat dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak kelompok B1 TK Babussaadah Sabang. JEPS (Jurnal Ekonomi, Pendidikan, Dan Sains), 3(2), 171–181.

Wardana, R. W., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa dengan model think pair share (tps) berbantuan mystery pics. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 20–24.

Wijayanti, D., Murtono, M., & Kironoratri, L. (2020). Peningkatan Hasil belajar Siswa Melalui Model Quantum Teaching dan Media Palang Arahku. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 80–85.

Downloads

Abstract Views : 57
Downloads Count: 35

Published

2025-03-22

How to Cite

Khotimah, K., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2025). Efektivitas Media Tanah Liat Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya di SDN Jambeyan . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12428

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.