Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Slide Berbantu Aplikasi Pear Deck pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh

  • Lia Fakhriah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • R. Ading Pramadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Milla Listiawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung
Keywords: media interaktif, google slide, pear deck, sistem pertahanan tubuh

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pembelajaran abad 21 yang menitikberatkan pada penggunaan teknologi. Selain itu, pandemi covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini menuntut guru dan siswa untuk menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran daring. Media Google Slide berbantu aplikasi Pear Deck merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Media ini mudah diakses melalui Chrome atau Browser lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan media dan respon siswa terhadap media serta menganalisis kelayakan media. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 3D (Define, Design dan Develop). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, angket kebutuhan guru dan siswa, angket validasi ahli media, ahli materi dan guru biologi, angket keterbacaan dan respon siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase nilai dari ahli media sebesar 88% (sangat layak), ahli materi sebesar 84% (layak), guru biologi sebesar 77% (layak), uji keterbacaan siswa sebesar 81% (layak) dan respon siswa sebesar 78% (layak). Dapat disimpulkan bahwa media ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Purba, Ramen A., dkk. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Hariadi, S. (2019). Best Practice Implementasi Media Pembelajaran Berbasis TIK Teks Wawancara Bahasa Jawa Berbasis Blended Learning pada Siswa Kelas VIII. Yogyakarta: Diva Press.
Winarni, E. W. & Kusumaningtyas, A. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, I. (2020). Teknologi Pembelajaran sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Simarmata, J., dkk. (2017). Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Hidayat, A. S., dkk. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik. Grobogan: CV. Sarnu Untung.
Subakti, H., dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Khatim, M. S., & Ahhabi, M. A. (2020). Integrating Blended Learning in Information Literacy Teaching With Pear Deck. Abu Dhabi: Zayed University.
Lacey, S., & Smith, K. E. (2021). 50 Strategies for Your Virtual Classroom. Huntington Beach: Shell Education.
Indriasari, S. (2020). Aplikasi Office Menggunakan Google Suite. Yogyakarta: Deepublish.
Jalinus, N., & Ambyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Published
2022-01-22
How to Cite
Fakhriah, L., Pramadi, R. A., & Listiawati, M. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Slide Berbantu Aplikasi Pear Deck pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 15-21. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1473
Section
Articles