Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Slide Berbantu Aplikasi Pear Deck pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1473Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pembelajaran abad 21 yang menitikberatkan pada penggunaan teknologi. Selain itu, pandemi covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini menuntut guru dan siswa untuk menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran daring. Media Google Slide berbantu aplikasi Pear Deck merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Media ini mudah diakses melalui Chrome atau Browser lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan media dan respon siswa terhadap media serta menganalisis kelayakan media. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 3D (Define, Design dan Develop). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, angket kebutuhan guru dan siswa, angket validasi ahli media, ahli materi dan guru biologi, angket keterbacaan dan respon siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase nilai dari ahli media sebesar 88% (sangat layak), ahli materi sebesar 84% (layak), guru biologi sebesar 77% (layak), uji keterbacaan siswa sebesar 81% (layak) dan respon siswa sebesar 78% (layak). Dapat disimpulkan bahwa media ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Keywords:
media interaktif, google slide, pear deck, sistem pertahanan tubuhDownloads
References
Purba, Ramen A., dkk. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Hariadi, S. (2019). Best Practice Implementasi Media Pembelajaran Berbasis TIK Teks Wawancara Bahasa Jawa Berbasis Blended Learning pada Siswa Kelas VIII. Yogyakarta: Diva Press.
Winarni, E. W. & Kusumaningtyas, A. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, I. (2020). Teknologi Pembelajaran sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Simarmata, J., dkk. (2017). Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Hidayat, A. S., dkk. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik. Grobogan: CV. Sarnu Untung.
Subakti, H., dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Khatim, M. S., & Ahhabi, M. A. (2020). Integrating Blended Learning in Information Literacy Teaching With Pear Deck. Abu Dhabi: Zayed University.
Lacey, S., & Smith, K. E. (2021). 50 Strategies for Your Virtual Classroom. Huntington Beach: Shell Education.
Indriasari, S. (2020). Aplikasi Office Menggunakan Google Suite. Yogyakarta: Deepublish.
Jalinus, N., & Ambyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work