Efektivitas Blended Learning di Era Pandemi Terhadap Proses Pembelajaran PKn Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1241Abstract
Pandemi covid-19 yang terjadi di beberapa negara di dunia membawa dampak yang buruk pada beberapa sektor terutama pada sektor pendidikan di Indonesia. sehingga pembelajaran dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Seiring berjalannya waktu pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara terus-menerus masih memiliki kendala, diantara nya yaitu orang tua yang sibuk bekerja sehingga tidak dapat membimbing anaknya dalam proses pembelajaran, fasilitas internet yang tidak memadai dan juga beberapa orang tua yang tidak paham akan teknologi. Dengan hal itu, pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan Blended Learning yaitu mencampurkan atau menggabungkan proses pembelajaran tradisional (tatap muka) dengan pembelajaran (tekonologi) online melalui web, video dan juga aplikasi belajar online dengan pembelajaran tradisional yang memanfaatkan berbagai sumber yang ada dirumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Blended Learning terhadap proses pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan rancangan one group posttest only design. Teknik analisis yang digunakan adalah uji anlisis korelasi product moment pearson dan uji signifikansi uji-t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivtas Blended Learning terhadap proses pembelajaran PKn.
Keywords:
Blended Learning, pembelajaran PKnDownloads
References
Asdar, N. F., Arisona, A., & Eso, R. (2020). Penerapan Blended Learning dengan Whatsapp untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Kelistrikan Di SMK Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(3), 265. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i3.14085
Burhan, W. (2016). pendidikan kewarganegaraan pancasila dan undang undang dasar 1945. depok: PT raja grafindo persada.
Hima, L. R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Bauran ( Blended Learning ) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi dan FungsiI. 2.
Husamah, S. (2019). Pembelajaran Bauran(Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Mimin Ninawati, M. (2017). bahan ajar pendidikan guru sekolah dasar inovasi pembelajaran di sd. Depok:PT Rajagrafindo Persada.
Mubarak Ahmad, N. K. (2017). pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jakarta: Uhamka Press.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: cv Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work