Media Pembelajaran Berbasis Game Gambar Berangkai dalam Pembelajaran Maharah Istima’

Authors

  • Nurul Khoirunnisa Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmaini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5539

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis Picture Series Game yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran Maharah Istima’ di madrasah tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Peneliti dan sumber instruksional berfungsi sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Ilmi Ujung Gading Julu. Produk hasil pengembangan dalam penelitian ini diujicobakan kepada siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk menilai kelayakannya. Pada penelitian ini, subjek uji coba yang terlibat adalah siswa kelas 7 YP yang berjumlah 20 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Game Gambar Berangkai memiliki validitas yang sangat baik untuk dijadikan media pembelajaran Maharah Istima’, dengan tingkat validitas sebesar 80,55%. Selain itu, ahli materi juga menilai bahwa media ini sangat layak digunakan dengan tingkat validitas sebesar 83,92%. Respon siswa terhadap uji coba media menunjukkan persentase sebesar 80,76%, sedangkan respon guru mencapai 91,07%. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat menarik bagi siswa dan guru. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Game Gambar Berangkai layak diimplementasikan dalam pembelajaran Maharah Istima’ di madrasah tsanawiyah.

Keywords:

pembelajaran Bahasa Arab, gambar berangkai, maharah istima

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurochman, A. (2017). Strategi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Bagi Non Arab. An Nabighoh, 19(1), 63-83.

Abicandra, M. N. H. (2013). Assesement Dan Evaluasi Kemampuan Menyimak (ISTIMA') Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal “TURATS”, 5(10).

Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61-70.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40.

Amirzan. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 157–163.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 199-218.

Hafid, A. (2011). Sumber dan media pembelajaran. Sulesana: Jurnal wawasan keislaman, 6(2), 69-78.

Hanifah, U. (2013). Profesionalisme Dosen Bahasa Arab Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(2), 237-256.

Karyati, F. (2017). Pengembangan Media Gambar dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika. AL-ULUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1), 312–320.

Maridjo, A. H., & Sabri, T. (2013). Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(3).

Marvelia, R. H., & Rukmi, A. S. (2022). Pengembangan Media E-Flipbook Untuk Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1484–1495.

Nassa, S. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Montase Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia Kelas Iii Sd Inpres Pattallassang. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sari, P. (2019). Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42-57.

Srirahayu, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Pada Materi Tata Nama Senyawa di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9425/

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, N. (2013). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1).

Taubah, M. (2019). Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Studi Arab: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RND) dalam Bimbingan dan Koseling. Quanta, 5(3), 111–118. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Downloads

Abstract Views : 2003
Downloads Count: 1183

Published

2023-08-06

How to Cite

Dalimunthe, N. K., & Rahmaini, R. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Game Gambar Berangkai dalam Pembelajaran Maharah Istima’ . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1378–1385. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5539

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.