Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Numerasi dengan Kearifan Lokal Untuk Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2748Abstract
Kemampuan di sekolah dasar yang harus dikembangkan sampai saat ini adalah numerasi, yang mana numerasi merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan pemahaman angka, simbol, geometri dan analisis informasi kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk melihat kevalidan video pembelajaran berbasis numerasi dengan kearifan lokal, keterlaksanaan video pembelajaran berbasis numerasi dengan kearifan lokal serta keefektifan video pembelajaran berbasis numerasi dengan kearifan lokal di sekolah dasar. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya angket, observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di SD dengan subjek penelitian 38 siswa kelas V dengan kemampuan rendah, sedang dan tinggi. Dari penelitian diketahui (1) tingkat kevalidan video pembelajaran berbasis numerasi dengan kearifan lokal dari validasi ahli menunjukan tingkat pencapaian angka persentase 90,6% dengan kategori tinggi atau dengan kriteria sangat valid serta layak digunakan, (2) tingkat keterlaksanaan video pembelajaran berbasis numerasi dengan kearifan lokal mencapai persentase 87,7% dengan kategori tinggi dan layak digunakan, (3) tingkat keefektifan video pembelajaran berbasis numerasi dengan kearifan lokal mencapai persentase 89,4% dengan kategori tinggi dan layak digunakan. Berdasarkan data di atas, menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis numerasi dengan kearifan lokal yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, mempunyai keterlaksanaan tinggi dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Keywords:
Kearifan Lokal, AKM numerasi, video pembelajaranDownloads
References
Abidin, Y., dkk. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Amrullah, A.R, dkk. (2022). The Development of Kinemaster Animation Video as a Media to Improve Science Literacy in Elementary Schools. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 151-161. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.151-161
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2)..
Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Education Research an Introduction (fourth edition). New York: Longman Inc.
Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta. (Online) (http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2%20Modul%20Literasi%20Numerasi.pdf)
Haerudin. (2018). Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 401–409.
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Tim GLN Kemendikbud.
Kemendiknas. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menegah Pertama. Jakarta: Kemendiknas.
Letwinsky, K. M. (2017). Examining the relationship between secondary mathematics teachers’ self-efficacy, attitudes, and use of technology to support communication and mathematics literacy. International Journal of Research in Education and Science, 3(1), 56–66. https://doi.org/10.21890/ijres.267371
Miller, T. (2018). Developing numeracy skills using interactive technology in a play based learning environment. International Journal of STEM Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0135-2
Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34-36. http://www.indiana.edu.
Ojose, B. (2011). Mathematics literacy are we able to put the mathematics we learn into everyday use. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.
Pingge, H. D. (2017). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2).
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).
Subagyo, A., Listyorini, T., & Susanto, A. (2019). Pengenalan Rumus Bangun Ruang Matematika Berbasis Augmented Reality. Prosiding SNATIF, 96–101. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/298
Utari, U., & Degeng, I. N. S. (2017). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39-44.
Dewi, N. K. R., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Untuk Siswa Kelas III. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2).. https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7630
Winarni, Sri., dkk. (2020). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 0(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Intan Susetyo Kusumo Wardhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work