Hubungan Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dara Pangestika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Mimin Ninawati Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1228

Abstract

Peran orang tua pada masa pandemi ini sangat di perlukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memperlancar proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas 3. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data, serta penampilan dari hasil dan kesimpulannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Metode ini digunakan untuk mencari hubungan atau korelasi antara dua variabel atau lebih. Hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan data yang didapat dari angket. Sampel dalam penelitian berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan motivasi belajar dalam pembelajaran daring siswa kelas 3 dengan koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan. Koefesien korelasi antara X dan Y sebesar 0,446 berada pada klasifikasi cukup kuat. Adapun ketentuan uji korelasi dengan membandingkan rhitung > rtabel (0,446 > 0,349) dan p-value = 0,005 < 0,05. Dengan demikian koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan.

Keywords:

peran orang tua, motivasi belajar, pembelajaran daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristine. 2009. “Bab I Pendahuluan ِ” Journal information 10: 1–16.

Basar, Afip Miftahul. 2021. “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1): 208–18.

Bungin, B. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Depok. PT Rajagrafindo Persada

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 55–61.

Di, Rahma, Ulfa Rohd, Universitas Muhammadiyah, and Prof Hamka. 2016. “MELALUI KELAS ORANG TUA Mimin Pendidikan Guru Seko Lah Dasar · · · , Pendidikan Guru Pendid Ikan Anak Us Ia Dini PENDAHULUAN Baru Saja Masyarakat Indonesia Digemparkan Dengan Kej Adian Seorang Anak Yang Bunuh Diri Di Dalam Lemari Kamamya Pada Awal Tahun 2.” mimin Ninawati: 1–7.

Martsiswati, Ernie, and Yoyon Suryono. 2014. “Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat 1(2): 187.

Pratama, Frandy, Firman Firman, and Neviyarni Neviyarni. 2019. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3): 280–86.

Sampieri, Roberto Hernandez. Roberto Hernandez. googlebooks. Belajar dan Pembelajaran, Hasanah.Yuni Pantiwati.Arina Restian.Puji Sumarsono.
.
Sourial, Nadia, Cristina Longo, Isabelle Vedel, and Tibor Schuster. 2018. “Daring to Draw Causal Claims from Non-Randomized Studies of Primary Care Interventions.” Family Practice 35(5): 639–43.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: cv Alfabeta.

Wahyuni, Nur, and Mimin Minawati. 2018. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Di Rumah Dengan Interaksi Sosial Teman Sebaya Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Jati 03 Pagi Jakarta Timur.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4(2): 115.

Downloads

Abstract Views : 857
Downloads Count: 498

Published

2021-08-03

How to Cite

Pangestika, D. ., & Ninawati, M. . (2021). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 804–809. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1228

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.