Hubungan Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1228Abstract
Peran orang tua pada masa pandemi ini sangat di perlukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memperlancar proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Peran Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas 3. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data, serta penampilan dari hasil dan kesimpulannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Metode ini digunakan untuk mencari hubungan atau korelasi antara dua variabel atau lebih. Hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan data yang didapat dari angket. Sampel dalam penelitian berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan motivasi belajar dalam pembelajaran daring siswa kelas 3 dengan koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan. Koefesien korelasi antara X dan Y sebesar 0,446 berada pada klasifikasi cukup kuat. Adapun ketentuan uji korelasi dengan membandingkan rhitung > rtabel (0,446 > 0,349) dan p-value = 0,005 < 0,05. Dengan demikian koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan.
Keywords:
peran orang tua, motivasi belajar, pembelajaran daringDownloads
References
Basar, Afip Miftahul. 2021. “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1): 208–18.
Bungin, B. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Depok. PT Rajagrafindo Persada
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 55–61.
Di, Rahma, Ulfa Rohd, Universitas Muhammadiyah, and Prof Hamka. 2016. “MELALUI KELAS ORANG TUA Mimin Pendidikan Guru Seko Lah Dasar · · · , Pendidikan Guru Pendid Ikan Anak Us Ia Dini PENDAHULUAN Baru Saja Masyarakat Indonesia Digemparkan Dengan Kej Adian Seorang Anak Yang Bunuh Diri Di Dalam Lemari Kamamya Pada Awal Tahun 2.” mimin Ninawati: 1–7.
Martsiswati, Ernie, and Yoyon Suryono. 2014. “Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat 1(2): 187.
Pratama, Frandy, Firman Firman, and Neviyarni Neviyarni. 2019. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3): 280–86.
Sampieri, Roberto Hernandez. Roberto Hernandez. googlebooks. Belajar dan Pembelajaran, Hasanah.Yuni Pantiwati.Arina Restian.Puji Sumarsono.
.
Sourial, Nadia, Cristina Longo, Isabelle Vedel, and Tibor Schuster. 2018. “Daring to Draw Causal Claims from Non-Randomized Studies of Primary Care Interventions.” Family Practice 35(5): 639–43.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: cv Alfabeta.
Wahyuni, Nur, and Mimin Minawati. 2018. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Di Rumah Dengan Interaksi Sosial Teman Sebaya Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Jati 03 Pagi Jakarta Timur.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4(2): 115.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work