Penerapan Rules and Procedures Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1084Abstract
Kedisiplinan sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, namun kenyataannya masih banyak siswa yang menunjukkan sikap tidak disiplin. Berdasarkan hasil observasi di beberapa kelas di salah satu Sekolah Menengah Pertama Kristen di Medan, di dapati bahawa masih terdapat siswa yang tidak mengumpulkan tugasnya lebih banyak disbanding yang mengumpulkan. Oleh karena itu, diperlukan pernerapan rules and procedures. Tujuan dari karya tulis ini untuk memaparkan tentang penerapan rules and procedures untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa guru sebagai penuntun dalam penerapan rules and procedures berperan sebagai pribadi yang berotoritas untuk mengelola kelas serta mengajarkan siswa bertanggung jawab. Siswa yang melanggar rules menerima konsekuensi logis sedangkan siswa yang melanggar procedures akan dinasihati dan dimotivasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, sebelum penerapan rule and prosedur tingkat kedisiplinan siswa di bawah 50 % tetapi sesudah penerapan rules and procedures didukung pemberian konsekuensi logis, nasihat dan motivasi kedisiplinan siswa meningkat di atas 50 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan rules and procedures dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Adapun saran kedepannya adalah penerapan rules and procedures akan lebih baik dijelaskan secara tatap muka (synchronous) saat pembelajaran online agar siswa lebih mudah memahami penjelasan dari guru.
Keywords:
siswa, disiplin, rules and proceduresDownloads
References
Duha, T. (2020). Motivasi untuk Kinerja. CV Budi Utama.
Fawaid, M. M. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Civic Hukum, 9–19. doi:http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/9899
Fiara, A., Nurhasanah, & Bustaman, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Dsisiplin Pada Siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1–6. doi:http://jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/6211/0
Gunawan, I. (2019). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasinya. Rajawali Pers.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. Walisongo, 21–46. doi:https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163
Kurniawan, Y. (2019). Inovasi Pembelajaran Model dan Metode Pembelajaran Bagi guru. Kekata.
Mustafa, P. S. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
Nasriyah, S. A., Israwati, & Elly, R. (2017). Penerapan Disiplin Dalam Proses Pembelajaran Pada Tingkat Kelas Tinggi Di SD Negeri 22 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 48–57. doi:http://jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/7018
Ningsih, B. M. (2014). Peningkatan Disiplin Siswa dengan Layanan Informasi Media Film. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 73–92. doi:http://journal.upgris.ac.id/index.php/EMPATI/article/view/660
Pelawi, E. S., Zendrato, J., & Sitompul, L. R. (2016). Penetapan dan Penerapan Peraturan Spesifik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 60–69. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education
Putri, N. R. (2018). Analisis Tindak Indisipliner Siswa SMP Negeri. JSMP, 122–128. doi:http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/2637
Rachman, A., & Agustian, M. (2016). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas di SDN 23 Pagi Palmerah Jakarta. Jurnal Perkotaan, 75–93. doi:http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/perkotaan/article/view/277
Rahman, S. H. (2016). Implementasi Peraturan Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa. Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ria, E., & R. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kusambi. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 28–42. doi:http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3074
Rochman, E. Y. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajar. Al Murabbi. doi:http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/download/1700/1256/
Ruyatnasih, Y., & Megawati, L. (2018). Manajemen Teori, Fungsi dan Kasus. CV.Absolute Media.
Saemara , E. P., Zendrato, J., & Roselyna, L. S. (2016). Penetapan dan Penerapan Peraturan Spesifik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP ABC Cikarang. Polyglot, 60–69. doi:https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/365
Septiani. (2017). Pengaruh Pemberian Beasiswa Bidik Misi Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 6–11. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EGMK/article/view/325
Smith, S. O. (2019). Gentle Discipline. Bentang.
Sobri, M. (n.d.). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Jurnal Pendidikan IPS, 61–71. doi:https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/26912
Subandi. (2011). Deksripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 173–179. doi:https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/2210
Sugiarti, & Andalas, E. F. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra. UMM Press.
Sugiarto, A. F., Suyanti, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, 232–238. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21279
Suradi. (2017). Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Jurnal Riset Dan Konseptual, 522–533. doi:https://www.researchgate.net/publication/321041635_Pembentukan_Karakter_Siswa_melalui_Penerapan_Disiplin_Tata_Tertib_Sekolah
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Kencana.
Tanfidiyah, N. (2017). Pengembangan Peraturan Kelas sebagai Upaya Kuratif Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV MIN Yogyakarta I. Pionir Jurnal Pendidikan, 126–145. doi:https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/4591
Wahid, A. H., Muali, C., & M. (2017). Manajemen Kelas dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah, 180–193. https://docplayer.info/94790271-Manajemen-kelas-dalam-menciptakan-suasana-belajar-yang-kondusif-upaya-peningkatan-prestasi-belajar-siswa.html
Waluya, B. (2007). Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. PT Grafindo Media Pratama.
Wardhani, M. W. (2018). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa SDN Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1.877-1.886. doi:http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/11611
Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan kelas. Diva Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work