PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN

  • Ernawati SD Negeri 1 Pamulihan
Keywords: metode diskusi, hasil belajar, matematika, penjumlahan dan pengurangan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan metode diskusi. Metode ini dilaksanakan melalui diskusi kelompok kecil  dengan  mengelompokkan  siswa  yang  pandai  dengan  siswa yang kurang pandai di mana siswa yang pandai menjadi tutor sebaya bagi siswa yang  kurang  pandai. Melalui metode pembelajaran ini diharapkan kemampuan siswa dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan dapat meningkat. Tujuan  dilakukannya  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah seluruh siswa Kelas II SD Negeri 1 Pamulihan. Dari   hasil   penelitian   tindakan   kelas   ini   dapat   disimpulkan   bahwa   metode diskusi dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa   dalam  menyelesaikan  soal  penjumlahan dan pengurangan.

References

Anggrani, A.F. (2013). Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Kecil Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 Pada Materi Masalah-Masalah Yang Dihadapi Pemerintah Di Bidang Ekonomi Di Sma Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1 (3).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasbolah, K. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang; Depdikbud.

Maskilah, I. (2016). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Pembelajaran Peninggalan Sejarah Hindu Di Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Tahun 2014-2015. Jurnal Lensa Pendas, 1(1), 53-61.

Nahdi, D.S. (2019). Efektivitas Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 5(1). 11-22.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Conceptual Understanding And Procedural Knowledge: A Case Study on Learning Mathematics of Fractional Material in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477, 42037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042037

Sholihah, D.A. & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (2), 175-185.

Siagian, M.D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2 (1), 58-67.

Suherman. E. (2001).Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Sumiati, dan Asra. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Sutjipto. (2005). Apa yang Salah dengan Matematika. Buletin Puspendik, 2(1). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian Pendidikan DEPDIKNAS.

Suyanto.(1997). Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.

Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yuhasriati. (2012). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 1 (1), 81-87.

Yuleha, W & Rusdi, A. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Air Sugihan Ogan Komering Ilir. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 2(2), 107-124.

Published
2020-06-03
How to Cite
Ernawati. (2020). PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 125-131. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.285
Section
Articles