Penerapan Strategi Komunikasi Instruksional Dalam Pemberian Instruksi Siswa TK Selama Pembelajaran Online

Authors

  • Esther Natalia Sihombing Universitas Pelita Harapan
  • Widiastuti Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1685

Abstract

Pemberian instruksi yang jelas sangat penting dalam proses pembelajaran, terlebih pada saat pembelajaran online, dimana interaksi antara guru dan siswa sangat terbatas. Instruksi yang jelas membantu siswa dalam memahami hal-hal yang harus dilakukan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada salah satu Taman Kanak-Kanak (TK) di Medan, ditemukan siswa mengalami kesalahpahaman terhadap instruksi yang diberikan guru. Hal ini disebabkan instruksi yang diberikan guru kurang jelas sehingga siswa sulit memahami instruksi yang harus dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemberian instruksional untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi komunikasi instruksional dalam pemberian instruksi siswa TK selama pembelajaran online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi instruksional dalam pemberian instruksi pada siswa TK selama pembelajaran online perlu memperhatikan karakteristik siswa dan tahap perkembangan siswa. Dalam penerapannya, instruksi dapat diberikan secara berulang-ulang dan konsisten. Pemberian instruksi juga perlu memperhatikan artikulasi yang lamban dan sistematis. Bahasa dan kalimat yang digunakan dalam instruksi juga harus sederhana. Instruksi diberikan secara lisan dan tertulis serta dalam memberikan instruksi dalam lembar kerja siswa (LKS) disertai contoh kongkrit dan langkah-langkah pengerjaannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi komunikasi instruksional dapat membantu siswa dalam memahami instruksi selama pembelajaran berlangsung, dalam mengerjakan lembar kerja siswa (LKS), dan tujuan pembelajaran pun dapat tercapai.

Keywords:

strategi komunikasi instruksional, intruksi, guru, siswa TK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1701
Downloads Count: 1426

Published

2021-12-11

How to Cite

Sihombing, E. N. ., & Widiastuti, W. (2021). Penerapan Strategi Komunikasi Instruksional Dalam Pemberian Instruksi Siswa TK Selama Pembelajaran Online . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2044–2049. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1685

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.