Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Siswa TK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1674Abstract
Matematika merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari sehingga penting untuk dipelajari. Konsep matematika yang paling dasar adalah mengenal angka. Anak usia dini penting sekali diajarkan konsep utama ini, karena akan berguna untuk kehidupan selanjutnya. Berdasarkan hasil observasi pada mata pelajaran matematika ditemukan bahwa kemampuan mengenal angka 1-10 pada siswa K2A masih perlu diperbaiki. Hal ini terlihat dari wawancara kepada guru mentor, untuk mengklarifikasi masalah yang terjadi di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dengan menggunakan media pembelajaran flashcard. Model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah model Pelton yang terdiri atas lima tahap melalui tiga tindakan. Adapun instrumen yang digunakan adalah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Umpan balik mentor, Jurnal refleksi peneliti, Lembar tes siswa, dan Wawancara (guru mentor). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal angka 1-10 meningkat. Indikator menyebutkan urutan angka 1-10 dan menghitung jumlah gambar 1-10 telah dicapai. Indikator menghubungkan/mencocokkan jumlah gambar dengan angka dapat dicapai oleh seluruh subyek penelitian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa langkah-langkah penggunaan media pembelajaran flashcard yang dimodifikasi dengan metode bermain telah dilaksanakan sesuai dengan RPP, umpan balik mentor, dan jurnal refleksi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada siswa TK di Manado.
Keywords:
media pembelajaran, media flashcard, kemampuan mengenal angka 1-10Downloads
References
Angreany. (2017). Keefektifan media pembelajaran flashcard dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas xii IPA SMA N 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 138-146.
Aribowo, E. (2017, Oktober 06). Media Pembelajaran DIY: membuat flashcard dan teka-teki silang. Pembelajaran Berbahasa untuk Meningkatkan Kualitas Manusia Indonesia yang Berkarakter dalam Era Mondial, pp. 140-150.
Arikunto, S., Safrudin, C., & Jabar, A. (2019). Evaluasi program pendidikan; pedagogi, teori, praktik bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti. (2016). Peningkatan kemmapuan anak mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu angka di kelompok b TK Aisyiyah Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya. Jurnal PGPAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, 2(1), 90-99. Retrieved from https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/63/62
Atfhal, R. (2016). Psikologi perkembangan anak usia dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Basuki, Y. E. (2014). Pertumbuhan iman yang sempurna; menumbuhkan iman sesuai dengan kehendak Allah. Yogyakarta: Garudawacha.
Budisayekti, E. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan bercerita dan kemampuan mengemukakan gagasan melalui media kartu bergambar tokoh idola pada siswa kelas VII F SMP N 2 Surakarta semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Konvergensi, 59-64.
Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=oyaDDwAAQBAJ&pg=PA61&dq=la ngkah- langkah+penggunaan+media+flashcard&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjknryUg7bgAhXLQI8KHdN0AYA4ChDoAQg- MAQ#v=onepage&q=langkah- langkah%20penggunaan%20media%20flashcard&f=false
Buttner, A. (2007). Activities, games, and assessment strategies for the foreign language classroom. New York: Eye on Education.
Chatib, M. (2011). Gurunya manusia; menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara. Jakarta: Kaifa. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=- N79AwAAQBAJ&pg=PT172&dq=pengulangan+pembelajaran&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiVnYLXhtTgAhVXfn0KHTI2Cj04ChDoAQhaMAg #v=onepage&q&f=false
Darmadi. (2017). Pengembangan model & metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Duludu, U. A. (2017). Kurikulum bahan dan media pembelajaran PLS. Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=C8dEDwAAQBAJ&pg=PP5&dq=du ludu+2017&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjkvbz5l9bgAhXMMo8KHcfwC3UQ6AEIKjAA#v=onepage&q=duludu%202017&f=false
Ekayani, N. L. (2016). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa. Jurnal PGSD FIP Universitas Pendidikan Ganesha.
Fatimah. (2009). Fun math: matematika asyik dengan metode pemodelan. Bandung: Mizan.
Hadiwijono, H. (2007). Iman Kristen. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hartono, H. S. (2004). Kemampuan memahami angka dan matematika pada anak. Dari Anak Sampai Usia Lanjut Bunga Rampai Psikologi Anak, 7-38.
Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar dan pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=F5xjDwAAQBAJ&pg=PA108&dq=faktor+kognitif+dalam+pembelajaran&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjpyNG19PgAhULM48KHQf5AUQQ6AEIKjAA#v=onepage&q=faktor%20kognit if&f=false
Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan pengembangan anak usia taman kanak- kanak. Jakarta: PT Grasindo.
Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdana Publishing.
Khodijah, N. (2017). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kunandar. (2012). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran; manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Latif, M. (2013). Orientasi baru pendidikan anak usia dini: teori & aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mais, A. (2018). Media pembelajaran: anak berkebutuhan khusus. Jember: Pustaka Abadi.
Marwiyah, Alauddin, & Ummah, K. (2018). Perencanaan pembelajaran kontemporer: berbasis penerapan kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=V09mDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Marwiyah,+Alauddin,+%26+BK,+2013&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiXr66M2dbgAhXabSsKHeeRCHAQ6AEIKjAA#v=onepage&q=Marwiyah%2C%20Alauddin%2C%20%26%20BK%2C%202013&f=false
Maryanti. (2018). Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan pengenalan bentuk huruf siswa kelas 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah ABC Manado. Pedagogia; Jurnal Ilmu Pendidikan, 305-313.
Masnipal. (2013). Siap menjadi guru dan pengelola PAUD profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=bxdQDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=fungsi+bermain&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjwytSg- MbgAhXHT30KHRIvD2o4ChDoAQhUMAc#v=onepage&q=fungsi%20b ermain&f=false
Morrison, G. S. (2012). Dasa-dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.
Munafiah, N., Maisari, S., Insiyah, M., Uminar, A. N., Maula, I., Rahimah, . . . Wathani, S. N. (2018). Strategi pembelajaran anak usia dini; multiple intellegences. Wonosobo: Mangku Bumi.
Neolaka, A., & Neolaka, G. A. (2017). Landasan pendidikan; dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup. Depok: Kencana. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=7BVNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=landasan+pendidikan&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiT8ebPt_bfAhURfSsKHRjtBqkQ6AEIKjAA#v=onepage&q=landasan%20pendidika n&f=false
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan.
Palupi, D. (2013). Penggunaan media flashcard terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan. Jurnal PAUD Teratai.
Pelton, R. P. (2010). Action research for teachers candidates. Lanham, Md.: Rowman & Littlefield Education.
Poythress, V. S. (2015). Redeeming mathematics; a God-centered approach. Whaton, Illinois: Crossway.
Rahman, B., & Haryanto. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas 1 SDN Bajayau Tengah. Jurnal Prima Edukasia, 127-137.
Rahman, T., Sumardi, & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan kemampuan anak usia dini mengenal konsep bilangan melalui media flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/7167/4763
Resti, M., Novianti, R., & Hukmi. (2017). Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Irsyadul Ummah Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Online Mahasiswa; fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 4(1), 1-13. Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/13649/13211
Sanjaya, W. (2014). Strategi pembelajaran; berorientasi standar pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2015). Strategi pembelajaran; berorientasi standar pendidikan. Jakarta: Kencana.
Satriana, A. (2013). Mengenal kemampuan memahami bilangan 1 sampai 5 melalui media flashcard bagi siswa tunagrahita sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 14-26.
Sudono, A. (2006). Sumber bermain & alat permainan; untuk pendidikan anak usia dini. Jakarta: Grasindo.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.
Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini; stimulasi. Jakarta: Kencana.
Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini; pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran; hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Tong, S. (2006). Arsitek jiwa II. Surabaya: Momentum.
Ulah, M. (2014). Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A RA roudlotul Islamiyah Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Khusus.
Wiriaatmadja, R. (2018). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zakaria, M., & Arumsari, D. (2019). Jeli membangun karakter anak. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=aEZiDwAAQBAJ&pg=PA81&dq=M embangun+kecerdasan+karakter+anak+usia+dini&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwj22qurvMfgAhVKOisKHY_ACTgQ6AEINDAB#v=onepage&q&f=false
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work