Pengembangan E-Modul terhadap Keterampilan Alat Musik Pianika dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10419Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keterampilan peserta didik dalam mata pelajaran seni musik menggunakan bahan ajar yang telah berbasis digital yaitu e-modul, serta untuk membantu guru dalam mengembangkan bahan ajar yang bervariatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu RnD (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE yaitu Analisys, Design, Development, Implementation and Evaluation. Hasil penelitian berupa uji kelayakan kepada ahli materi dengan hasil sebesar 95%, ahli media sebesar 91%, kuesioner respon produk kepada ahli praktisi (guru) dengan hasil sebesar 99%, peserta didik sebesar 92% serta uji efektifitas untuk mengukur tingkat keterampilan menggunakan uji N-Gain dengan tahapan Pretest-Postest memperoleh hasil mencapai 0,68 dengan persentase sebesar 68,43%. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan sangat layak dan cukup efektif digunakan sebagai bahan pembelajaran seni musik di sekolah.
Keywords:
Pengembangan, E-Modul, Seni MusikDownloads
References
Amelia, D. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TPACK PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 DI KELAS V MIN 4 ACEH SELATAN (p. 49).
Bestari, A. F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Kemampuan Memainkan Alat Musik Pianika Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7837
Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan E-modul Matematika untuk Siswa SD (The Development of E-Modul Mathematics For Primary Students). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–12.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
I. Isrokatun, Upit Yulianti, Y. N. (2022). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6.
Jazilia Umami, M. S. P. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Jurnal PGMI, 4.
Kholillah, M. K., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 515–518. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2508
Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Questionnaire Information System Measurement of the Need for Additional Learning Materials to Support Decision Making in High Schools Using a Likert Scale Skala. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI), 1(2), 1–12. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/EI/article/download/829/680
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/952
Nurul Fajria Faradila, Yuni Maryuni, E. ribawati. (2023). IMPLEMENTASI BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL SENI TRADISI RAMPAK BEDUG PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANGNo Title. Cendikia Pendidikan, 1.
Rahmani, Z., Farkhatin, N., & Ningsih, R. (2022). Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Paud Godwilling Mampang Depok Berbasis Java Menggunakan Metode R&D. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 454–458. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5750
Rahmi, F., Iltavia, I., & Zarista, R. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2869–2877. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.673
Rohmatun, Y., & Jayadinata, A. K. (2017). Pelajarannseniibudaya Dan Keterampilannmelalui Media. 2(1), 531–540.
Rosida, Fadiawati, N., & Tri, J. (2018). Efektivitas penggunaan bahan ajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 35–45.
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237
Seni Pertunjukan, J., Alvionita, R., Seni, P., Seni, M.-F., Institut, P., Indonesia, S., Panjang, P., Bahder, J., Padangpanjang, J., & Barat, S. (2019). Penerapan Teknik Memainkan Pianika Dalam Bentuk Ensambel Pianika Pada Lagu Kampuang Nan Jauah Di Mato. 9900, 66–73. https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Lagalaga
Sofiasyari, I., Atmaja, H., & Suhandini, P. (2019). Pentingnya pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar di era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 734–743.
Susanti, E. D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas dan Volume Bola. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46.
Tarmizi, P. H. I. C. M. (2019). Studi Deskriptif Penerapan Alat Musik Pianika Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Siswa Kelas V SDN 35 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 12(1), 28–40.
Widyawati, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Bermain Pianika Melalui Metode Tutor Sebaya. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 227–234.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chichi Kusmayadi, Astri Sutisnawati, Luthfi Hamdani Maula

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work