Desain Digital Scrapbook Materi Siklus Air Berbasis Augmented Reality Untuk Mengingkatkan Self Regulation Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10146Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan digital scrapbook materi siklus air berbasis augmented reality untuk meningkan self regulation siswa kelas IV, serta menguji pengaruh digital scrapbook materi siklus air berbasis augmented reality terhadap self regulation siswa kelas IV. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) dengan langkah-langkah pengembangan model ASSURE. Desain eksperimen yang digunakan adalah pre-respond and post-respond with non-equivalent control group design. Hasil validasi ahli media dengan persentase sebesar 95% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi ahli materi dengan persentase sebesar 96,4% dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi ahli bahasa dengan persentase sebesar 96,8% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari kelayakan oleh guru diperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria cukup layak. Berdasarkan respon siswa angket self regulation peningkatan di hitungan dengan rumus N-gain pada kelas eksperiment memperoleh hasil 0,4550 dan N-gain pada kelas control mendapatkan nilai 0,3113. Sementara untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji paired samples test memperoleh sig.(tailed) mendaptkan hasil 0,000. Sehingga 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh digital scrapbook materi siklus air berbasis augmented reality terhadap self regulation siswa kelas IV SD Negeri 01 Jati Kabupaten Blitar.
Keywords:
Digital scrapbook, self regulation, augmented realityDownloads
References
Adina Kholisoh, A., Alfi, C., Fatih, M., & Nahdlaturl Urlama Blitar, Ur. (N.D.). 5358 Merdia Er-Lerarning Storymaps Berrbanturan Crossword Purzzler Materri Kerkayaan Alam Yang Ada Di Indonersia Urnturk Merningkatkan Visural Spasial Siswa Kerlas V Serkolah Dasar.
Alfi, C., Fatih, M., & Khofifah, N. N. (2023). Perngermbangan Scrapbook Berrbasis Pjbl Materri Kerkayaan Burdaya Indonersia Urnturk Merningkatkan Kermampuran Berrpikir Kritis Siswa Kerlas Iv Sd. Jurrnal Ilmiah Perndidikan Dasar, 08, 4309–4323.
Alfi, Cindya. , M. Fatih. , Ur. C. (2023). Perngermbangan Merdia Pockerd Book Berrbasis Aurgmernterd Rerality Urnturk Merningkatkan Literrasi Digital Kerlas Iv Sdn Modangan. Jurrnal Perrserda, Vii(1), 63–72.
Aprilyani, R. (2022). Dampak Motivasi Berlajar Dan Rergurlasi Diri Terrhadap Prokrastinasi. Jurrnal Lernterra Bisnis, 11(3), 344. Https://Doi.Org/10.34127/Jrlab.V11i3.924
Aurlia Fatwa Amalina. (2020). Perngermbangan Merdia Scrapbook Derngan Pernerrapan Pernderkatan Konterkstural Pada Muratan Perlajaran Ipa Kerlas V Serkolah Dasar. Jurrnal Syntax Admiration, 1(5), 468–478.
Bastian, A. (2022). Aurgmernterd Rerality Dan Permberlajaran Di Erra Digital. Https://Pernerrbitadab.Id
Galang Isnawan, M. (2020). Kurasi-Erksperrimern. Https://Www.Rerserarchgater.Nert/Purblication/339040496
Iskandar, R., & F, F. (2020). Implermerntasi Moderl Assurrer Urnturk Merngermbangkan Dersain Permberlajaran Di Serkolah Dasar. Jurrnal Basicerdur, 4(4), 1052–1065. Https://Doi.Org/10.31004/Basicerdur.V4i4.468
Khofifah, N. N., Alfi, C., Fatih, M., Fips, P., Nahdlaturl, Ur., & Blitar, Ur. (N.D.). Perngermbangan Scrapbook Berrbasis Pjbl Materri Kerkayaan Burdaya Indonersia Urnturk Merningkatkan Kermampuran Berrpikir Kritis Siswa Kerlas Iv Sd.
Mur, S., Fatih, M., Alfi, C., & Nahdlaturl Urlama Blitar, Ur. (N.D.). Perngermbangan Merdia Bilasar Berrbasis Aurgmernterd Rerality Urnturk Merningkatkan Adverrsity Qurotiernt Siswa Kerlas Iv Sdn Urmburldamar Kaburpatern Blitar.
Nisaa’, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Perngarurh Pernggurnaan Pop-Urp Book Terrhadap Hasil Berlajar Siswa Pada Materri Konserp Siklurs Air. Jourrnal Of Intergraterd Erlermerntary Erdurcation, 1(2), 89–97. Https://Doi.Org/10.21580/Jiererd.V1i2.8238
Riza Mastita, A., Sihombing, L. N., & Sitio, H. (2023). Perngarurh Moderl Permberlajaran Inderx Card Match Terrhadap Hasil Berlajar Perserrta Didik Pada Permberlajaran Termatik Surbterma 1 Organ Gerrak Herwan Kerlas V Sd Nergerri Simalurngurn. Jurrnal Perndidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(2), 635–648. Https://Doi.Org/10.53565/Pssa.V8i2.572
Saimona, Y., Herrmansah, B., & Prasrihamni, M. (N.D.-A). Jurrnal Inovasi Perndidikan Dan Permberlajaran Serkolah Dasar Perngermbangan Merdia Permberlajaran Digital Scrapbook Berrbasis Cerrita Dongerng Urnturk Siswa Kerlas IV Serkolah Dasar. Https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V6i2
Sapurtra, M. W., & Fathoni, A. (2024). Jurrnal Inovasi Perndidikan Dan Permberlajaran Serkolah Dasar Merdia Scrapbook Serbagai Sarana Permahaman Materri Surmberr Daya Alam Di Serkolah Dasar. JIPPSD), 8(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V8i1
Surcipto Ferbrianto, R., & Ferbriati, F. (2021). Ther Erfferct Of Ursing Er-Lerarning On Sturdernt Lerarning Ourtcomers In Class Ix Indonersian Langurager Surbjercts At Smp Nergerri 1 Siompur Barat. Https://Crerativercommons.Org/Licernsers/By-Nc/4.0/
Wanria, Misdalina, & Murrjainah. (N.D.-A). Erferktivitas Pernggurnaan Digital Scrapbook Terrhadap Hasil Berlajar Siswa Kerlas X Pada Mata Perlajaran Gerografi. In Agursturs (Vol. 7, Issurer 2).
Yursnarti, M., & Surtyaningsih, L. (N.D.). Perngarurh Moderl Permberlajaran Roler Playing Terrhadap Hasil Berlajar Siswa Serkolah Dasar. In Ainara Jourrnal (Vol. 2, Issurer 3). Http://Jourrnal.Ainaraprerss.Org/Inderx.Php/Ainj
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naila Azka Khudzaifah, Mohamad Fatih, Cindya Alfi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work