Model Supervisi Akademik Berbasis Digital Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD

Authors

  • Adang Danial Universitas Siliwangi
  • Mumu Universitas Siliwangi
  • Dedi Nurjamil Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3922

Abstract

Salah satu upaya meningkatkan kualitas guru dan menjaga mutu proses, dapat dilakukan dengan mengoptimalkan peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik. Kepala sekolah melalui pelaksanaan supevisi akademik atau supervisi pengajaran, harus memberikan pembinaan kepada guru PAUD melalui bantuan perbaikan situasi belajar mengajar. Bantuan tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai metode dan teknik supervisi akademik baik melalui layanan individual maupun layanan kelompok.

Tujuan dari penelitian ini, untuk menggambarkan model supervisi akademik berbasis digital oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada lembaga nonformal PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah pada lembaga PAUD seiring era industry 0.4, telah menggunakan aplikasi digital dalam mengembangkan metode dan teknik supervisi akademik. Supervisi akademik dengan berbasis digital, digunakan dalam mengembangkan metode dan teknik supervisi untuk mengidentifikasi kelemahan guru, meningkatkan kemampuan profesional guru, dalam memperbaiki situasi proses belajar mengajar. Model yang dikembangkan dalam supervisi akademik yaitu menggunakan bantuan aplikasi digital dengan google drive, google class, e-learning, dan lainnya.

Keywords:

Supervisi akademik, aplikasi digital, profesionalisme guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arar, K., & Nasra, M. A. (2020). Linking school-based management and school effectiveness : The influence of self-based management , motivation and effectiveness in the Arab education system in Israel. Educational Management Administration & Leadership, 48(1), 186–204. https://doi.org/10.1177/1741143218775428

Budiarti, W., Yusrizal, & Usman, N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Guru Kimia Di Sman 1 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2), 2015–2037. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2538

Faisal. (2021). Pengembangan Supervisi Akademik Model 212 Berbasis Digital. Pelita Eduka.

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Hidayat, S. (2020). Upaya Penigkatan Penguasan Teknologi Guru Smk Negeri Darang Dan Melalui Supervisi Akademik Multi Media. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(8), 12–26.

Karomi, N. A. (2019). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan orientasi lulusan: Studi Multisitus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pronojiwo dan Sekolah Menengah Atas Negeri Candipuro, Kabupaten Lumajang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Makawimbang, J. (2021). Supervisi Dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta.

Mardalena, M., Arafat, Y., & Fitria, H. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 103–114. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5582

Markova, S. M., Mironov, A. G., Vaganova, O. I., & Smirnova, Z. V. (2019). Educational environment as a development resource for the learning process. AMAZONIA Investiga, 8(8), 303–312.

Michael. (2017). What makes physiology hard for to learn? Result of a faculty survey. Advancephysiology Education.

Miftakhun, N. F., Salikun, S., Sunarjo, L., & Mardiati, E. (2016). Faktor eksternal penyebab terjadinya karies gigi pada anak pra sekolah di PAUD Strowberry RW 03 kelurahan Bangetayu Wetan kota Semarang tahun 2016. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 27–34.

Ngiu, Z., Djafri, N., & Arwildayanto, A. (2021). Strategi Guru dalam Pembelajaran Holistik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1429–1438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1798

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Okendu, J. N., Harcourt, P., & State, R. (2012). The Influence of Instructional Process and Supervision on Academic Performance of Secondary School Students of River State, Nigeria. Academic Research International, 3(1), 332–339. www.savap.org.pkwww.journals.savap.org.pk

Prihatni, R., Sumiati, A., & Sariwulan, T. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru-Guru Yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 112–123. https://doi.org/10.21009/jpmm.003.1.08

Punithavathi, P., & Geetha, S. (2020). Disruptive smart mobile pedagogies for engineering education. Procedia Computer Science, 172(2019), 784–790. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.112

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.

Rahabav, P. (2016). The Effectiveness of academic supervision for teachers. Journal of Education and Practice, 7(9), 47–55.

Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633

Saleh, S., Haerul, & Arhas, S. (2019). The Effect of School Head Academic Supervision on Pedagogic Capability of Basic School Teachers in Manggala District Kota Makassar. 383(Icss), 1035–1037. https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.233

Sukiyanto, S. (2018). Pengembangan Rencana Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Stad Dan Teori Vygotsky. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 31–41. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.24

Sulhan, A., & Hakim, M. V. F. (2020). Ppartnertralistic Supervision Approach To Improving the Quality of Basic Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 372–382. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.288

Wandi, A. (2018). Analisis Peran Supervisi Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru; Studi Tindakan Sekolah di SMPN 2 Situjuah Limo Nagari. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 71. https://doi.org/10.29210/02018195

Downloads

Abstract Views : 2332
Downloads Count: 1450

Published

2022-12-29

How to Cite

Danial, A., Mumu, M., & Nurjamil, D. (2022). Model Supervisi Akademik Berbasis Digital Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1514–1521. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3922

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.