Pengelolaan Literasi Digital Berbasis SMART Menuju Good Practice School

Authors

  • Linda Maulia Efendi Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Moch. Tohet Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4848

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pengelolaan Literasi Digital Berbasis Smart di SMA Tunas Luhur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Studi kasus, subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, staf perpustakaan dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian ini adalah peneliti ingin menjelaskan mengenai Pengelolaan Literasi Digital Berbasis Smart Menuju Good Practice School di SMA Tunas Luhur. Data penelitian ini diperoleh melalui kegiatan wawancara dan observasi, dan dokumentasi. Pada tahap berikutnya peneliti melakukan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan Literasi Digital Berbasis SMART menuju Good Practice School telah berhasil dilakukan di SMA Tunas Luhur. Hal ini dapat dicapai melalui kegiatan literasi digital yang mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran aktif, didukung oleh pengelolaan yang baik dan keterlibatan masyarakat yang aktif dalam kegiatan sekolah. Namun seiring berjalannya waktu kegiatan literasi tidak hanya sekedar membaca dan menulis saja. Literasi diartikan sebagai kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, dan berpikir. Literasi melibatkan serangkaian pembelajaran mengembangkan pengetahuan, berpikir kritis dan potensinya serta berpartisipasi dalam komunitas peserta didik.

Keywords:

good practice school, pengelolaan literasi digital, smart

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus R, A. H., & Ummah, B. (2019). Strategi Image Branding Universitas Nurul Jadid di Era Revolusi Industri 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 59. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i1.352

Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, Liftia, E., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 8(2), 6.

Arif, M., & Fitriyanti Handayani, E. (2020). Budaya Literasi Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik). Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 1–12.

Attabik Luthfi, Abbas, A., Fathurahman, F., & Arifin, M. (2022). Pembentukan Karakter Berbasis Kegiatan Kelompok Agama Peserta Didik Di Sekolah. In JEIS: Journal of Islamic Education Studies (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–8).

Cynthia, G. (2021. (2021). Metode Pembelajaran Smart (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. 31–33.

Dalimunthe, M. (2019). Pengelolaan Literasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sabilarrsyad, IV(01), 104–112.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Diana, E., Efendi, L. M., & Kamila, S. N. (2022). STRATEGI GURU DALAM MENYIAPKAN SISWA MENGHADAPI ASESMEN NASIONAL DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora (JISPENDIORA), 1(3), 142–154.

Diana, E., Rahmah, N., & Rofiki, Moh. (2022). Blended Learning Management: The Efforts to Develop Students’ Soft Skills in the New Normal Era Eka. Jurnal Basicedu, 6(3), 4272–4281.

Fiandi, A., & Sesmiarni, Z. (2023). Implementasi standar mutu dan sasaran mutu pada lembaga pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 4(1), 34–40.

Gapila, C., Farida, F., Putra, R. W. Y., Leni, N., Ambarwati, R., & Simatupang, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Smart Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Nabla Dewantara, 6(1), 46–59.

Ida Rosyida. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Literasi Teknologi Di Pesantren. Syntax Admiration, 1(6), 696–710.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Maryana, N. (2020). Strategi “S-M-A-R-T” Dalam Pengelolaan Literasi Madrasah Menuju Good Practice School Di MTS Pesantren Terpadu Al Fauzan. In Jurnal Guru Inovatif (Vol. 1, Issue 1).

Munif, M., & Baharun, H. (2018). Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren: Menggagas Interkoneksi Agama dan Sains. Jurnal Penelitian, 12(1), 137–160. https://doi.org/10.21043/jp.v12i1.4928

Nasrulsyah, C., Asyura, F., Hasan, K., Maulidani, & Sofia, M. (2020). Analisis Swot Dalam Mengatasi Kelemahan Dan Kekurangan Rumah Sakit Siloam. Makma, 3(3), 112–118.

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Noto, M. S. (2014). Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Smart. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 18–32.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nur, M. (2019). Literasi Digital Keagamaan Aktivis Organisasi Keagamaan Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Di Kota Bandung. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.18784/smart.v5i1.745

Rachman, A. (2016). Perancangan Smart Library bagi Generasi Digital Natives di Universitas Gadjah Mada. Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia 9At: MakassarVolume: 9, November, 1–14.

Rofiki, Moh., Diana, E., & Amin, M. F. (2022). Assertive Behavior of School Principals in Creating Excellent School. Jurnal Basicedu, 6(3), 4025–4034.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Shavab, O. A. K. (2020). Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Edmodo Pada Pembelajaran Sejarah. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 14(2), 142. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p142-152

Sormin, S. A., Siregar, A. P., & Priyono, C. D. (2017). Konsepsi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Di Era Disruptif Salman Alparis Sormin, Ali Padang Siregar, Cipto Duwi Priyono. Seminar Nasional Sejarah Ke4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang, 647–662.

Suriagiri. (2022). Good Practice Of Educational Leadership To Succeed In The Schiil Literacy Movement. Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 972–987.

Sutisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420

Wahyudi, A., Narimo, S., & Wafroturohmah, W. W. (2020). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Varidika, 31(2). https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10218

Downloads

Abstract Views : 504
Downloads Count: 514

Published

2023-06-17

How to Cite

Efendi, L. M., & Tohet, M. (2023). Pengelolaan Literasi Digital Berbasis SMART Menuju Good Practice School. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 914–923. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4848

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.