Ensiklopedia Digital Berbasis Higher Order Thinking Skill Terintegrasi Karakter pada Materi IPA Kelas 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2258Abstract
Kemajuan teknologi saat ini perlu dioptimalkan dalam dunia pendidikan. Adapun untuk mewujudkan tujuan pendidikan terdapat kurikulum. Kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013. Kemampuan yang perlu dikembangkan yaitu HOTS dan penanaman nilai karakter. Salah satunya yaitu dengan pemanfaatan bahan ajar ensiklopedia digital. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk, mengetahui kelayakan serta keefektifan ensiklopedia digital berbasis HOTS terintegrasi karakter pada materi sifat dan perubahan wujud benda kelas 5 sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar angket respon untuk ahli media,ahli materi, praktisi, dan untuk respon peserta didik, serta soal tes. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Pacor. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 5 tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 19. Kelayakan ensiklopedia digital berbasis HOTS terintegrasi karakter ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Kevalidan rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi ahli media yaitu 3,77, masuk dalam kriteria sangat valid. Rata-rata hasil validasi oleh ahli materi memperoleh 2,78, masuk dalam kategori valid. Rata-rata dari praktisi memperoleh 3,83, masuk dalam kriteria sangat valid. Sedangkan kepraktisan pada uji coba terbatas diperoleh rata-rata 3,65 dan pada uji coba lebih luas diperoleh 3,58 sehingga masuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan diperoleh berdasarkan hasil tes secara keseluruhan dengan persentase sebanyak 78,57% sehingga masuk dalam kriteria efektif.
Keywords:
ensiklopedia digital, HOTS, KarakterDownloads
References
Ngazizah, N., Linda, R. F. C., Kurniasari, S. G., Fakhrina, A., & Widanti. (2020). Analisis Kemampuan HOTS melalui PJBL dimasa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Semester 2 pada Mata Kuliah IPA Lanjut. Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 90–99. https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/15472
Priyatna, M. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05, 1311–1336. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/6
Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Meningkatkan Academic Skill pada Mahasiswa. 6, 231–238. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/548
Rohmatin, T. (2020). Kurikulum 2013 “Merajut Kebersamaan Dalam Kebhinekaan Melalui Penerapan Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pena Karakter, 02(02).
Sahlan, A., & Prastyo, A. T. (2016). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sari, Y., Cahyaningtyas, A. P., Maharani, M. M., Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyusun Soal IPA Berorientasi HOTS Bagi Guru Sekolah Dasar Gugus Pandanaran Dabin IV UPTD Semarang Tengah. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 175–183. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ijocs
Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai Upaya Peningkatan Nilai-nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), 3(1), 7–13. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/cess/article/view/8322
Widoyoko, E. P. (2018). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work