Ensiklopedia Digital Berbasis Higher Order Thinking Skill Terintegrasi Karakter pada Materi IPA Kelas 5 SD

Authors

  • Shallu Andini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Muflikhul Khaq Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2258

Keywords:

ensiklopedia digital, HOTS, Karakter

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini perlu dioptimalkan dalam dunia pendidikan. Adapun untuk mewujudkan tujuan pendidikan terdapat kurikulum. Kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013. Kemampuan yang perlu dikembangkan yaitu HOTS dan penanaman nilai karakter. Salah satunya yaitu dengan pemanfaatan bahan ajar ensiklopedia digital. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk, mengetahui kelayakan serta keefektifan ensiklopedia digital berbasis HOTS terintegrasi karakter pada materi sifat dan perubahan wujud benda kelas 5 sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar angket respon untuk ahli media,ahli materi, praktisi, dan untuk respon peserta didik, serta soal tes. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Pacor. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 5 tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 19. Kelayakan ensiklopedia digital berbasis HOTS terintegrasi karakter ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Kevalidan rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi ahli media yaitu 3,77, masuk dalam kriteria sangat valid. Rata-rata hasil validasi oleh ahli materi memperoleh 2,78, masuk dalam kategori valid. Rata-rata dari praktisi memperoleh 3,83, masuk dalam kriteria sangat valid. Sedangkan kepraktisan pada uji coba terbatas diperoleh rata-rata 3,65 dan pada uji coba lebih luas diperoleh 3,58 sehingga masuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan diperoleh berdasarkan hasil tes secara keseluruhan dengan persentase sebanyak 78,57% sehingga masuk dalam kriteria efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awang, I. S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6(2), 108–122. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/106
Ngazizah, N., Linda, R. F. C., Kurniasari, S. G., Fakhrina, A., & Widanti. (2020). Analisis Kemampuan HOTS melalui PJBL dimasa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Semester 2 pada Mata Kuliah IPA Lanjut. Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 90–99. https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/15472
Priyatna, M. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05, 1311–1336. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/6
Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Meningkatkan Academic Skill pada Mahasiswa. 6, 231–238. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/548
Rohmatin, T. (2020). Kurikulum 2013 “Merajut Kebersamaan Dalam Kebhinekaan Melalui Penerapan Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pena Karakter, 02(02).
Sahlan, A., & Prastyo, A. T. (2016). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sari, Y., Cahyaningtyas, A. P., Maharani, M. M., Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyusun Soal IPA Berorientasi HOTS Bagi Guru Sekolah Dasar Gugus Pandanaran Dabin IV UPTD Semarang Tengah. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 175–183. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ijocs
Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai Upaya Peningkatan Nilai-nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), 3(1), 7–13. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/cess/article/view/8322
Widoyoko, E. P. (2018). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2022-05-27

How to Cite

Andini, S., Anjarini, T., & Khaq, M. (2022). Ensiklopedia Digital Berbasis Higher Order Thinking Skill Terintegrasi Karakter pada Materi IPA Kelas 5 SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 605–614. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2258

Issue

Section

Articles