TINGKAT KEPUASAN PESERTA PELATIHAN PENGABDIAN DOSEN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH MENGGUNAKAN FUZZY AHP

Authors

  • Asrianda Universitas Malikussaleh
  • Ar Razi Universitas Malikussaleh
  • Zulfadli Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.4339

Keywords:

pelatihan, AHP, masyarakat, narasumber, pengabdian

Abstract

Dilatarbelakangi ketidakmapanan sebagian masyarakat terhadap problema kehidupan di era teknologi dan globalisasi. Dosen Universitas Malikussaleh dituntut untuk melaksanakan pengabdian pada masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. AHP (Analytic Hierarchy Process) merupakan metode analisis dalam pengambilan keputusan berdasarkan kuantitas, koefisien, bobot dan koofisien indeks dihitung berdasarkan urutan perangkingan. Pengambilan keputusan menggunakan metode AHP  menggunakan kriteria bersifat subjektif, dalam mengatasi permasalahan dalam pengambilan keputusan. Kepuasan peserta paling diprioritaskan adalah fasilitas dan perlengkapan. Fasilitas dan perlengkapan prioritas utama peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan adalah konsumsi. Persepsi peserta yang paling diminati adalah manfaat pelatihan yang didapatkan oleh peserta. Pelatihan menjadi prioritas utama kepuasan peserta pelatihan pengabdian dosen. Kriteria penyelenggara pelatihan yang menjadi prioritas utama peserta pelatihan pengalaman narasumber dalam memberikan  materi pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ar Razi, Universitas Malikussaleh

Teknik Informatika

Zulfadli, Universitas Malikussaleh

Ilmu Politik

References

Akhmadi, A. (2019). Kepuasan Peserta Diklat Terhadap Pelayanan Widyaiswara. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(2), 256–269. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.101

Asrianda, Asnawi, & Naufal, B. (2020). Fuzzy AHP model in influencing the decision to visit a coffee shop. 24(Special Issue 2), 372–381. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24SP2/PR201324

Bariqi, M. D. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 5(2), 64–69. https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6654

Chang, D.-Y. (1996). Applications of the extent analysis method on fuzzy AHP. European Journal of Operational Research, 95(3), 649–655. https://doi.org/10.1016/0377-2217(95)00300-2

Emrouznejad, A., & Ho, W. (2017). Fuzzy analytic hierarchy process. Fuzzy Analytic Hierarchy Process, 1–408. https://doi.org/10.1201/9781315369884

Julianto, V., Utomo, H. S., & Herpendi, H. (2020). Analisis dan Penerapan Metode Fuzzy AHP-TOPSIS dalam Penentuan Mitra Industri Sebagai Tempat Praktek Kerja Lapangan. Jurnal Ilmiah Informatika, 5(2), 108–121. https://doi.org/10.35316/jimi.v5i2.942

Nuraini, N. (2018). Tingkat Kepuasan Peserta Terhadap Kualitas Pelayanan Widyaiswara Pada Diklat Teknis Substantif Publikasi Ilmiah bagi Guru Mata Pelajaran Agama MTs Angkatan III. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 6(1), 168–186. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.53

Qiu, M., Li, R., & Chen, M. (2013). Application of AHP and Fuzzy theory in the Scientific Research Projects Management. iBusiness, 05(01), 13–17. https://doi.org/10.4236/ib.2013.51b003

Rezha, F. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(5), 105–112.

Setiawan, I., Ekhsan, M., & Parashakti, R. dhyan. (2021). Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan yang di mediasi kepuasan kerja. Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK), 1(2), 186–195. http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/32

Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan SDM Dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi di SKM Unit V PT. Gudang Garam,Tbk Kediri). Bisnis Manejemen, 3(1), 31–39. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/article/view/71

Downloads

Published

14-01-2023

How to Cite

Asrianda, Razi, A., & Zulfadli. (2023). TINGKAT KEPUASAN PESERTA PELATIHAN PENGABDIAN DOSEN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH MENGGUNAKAN FUZZY AHP. INFOTECH Journal, 9(1), 20–24. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.4339

Issue

Section

Articles