PERANCANGAN APLIKASI PENDAFTARAN DIKLAT SATPAM BERBASIS ONLINE

Main Article Content

Ardi Mardiana
Nunu Nurdiana
Azizah Nurzakiyah

Abstract

BUJP CTP (Badan Usaha Jasa Pengamanan Cahaya Tangguh Perkasa) atau Lembaga Pendidikan yang menyediakan pelatihan dasar Gada Pratama atau yang disebut dengan lembaga pendidikan dan pelatihan satpam memiliki andil yang sangat penting untuk mencetak calon tenaga pengaman yang profesional dan memiliki keterampilan dalam bidang pengamanan. Untuk cara pendaftaran ke BUJP CTP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) dengan cara peserta dapat mengunjungi kantor BUJP CTP secara langsung dan membawa persyaratan pendaftarannya secara lengkap dan setelah itu menunggu konfirmasi lulus atau tidak dari Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) di rumah kemudian untuk konfirmasinya sendiri pendaftar akan mendapatkan sebuah sms. Karena terjadinya peningkatan jumlah pendaftar diklat satpam kepada BUJP, jika cara pendaftaran masih dengan cara manual ini dikhawatirkan terjadinya formulir dan persyaratan para peserta hilang. Maka dari itu untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut perlu adanya media pendaftaran yang lebih baik dengan merancang sebuah aplikasi pendaftaran online melalui alamat website khusus untuk BUJP CTP. Aplikasi ini diuji dengan metode blackbox testing. Pengujian black box dilakukan untuk menguji spesifikasi fungsional perangkat lunak dari aplikasi pendaftaran diklat satpam berbasis web. Aplikasi ini dapat meminimalisir terjadinya persyaratan dan formulir peserta yang hilang. Aplikasi ini juga bermanfaat untuk petugas agar petugas dapat melihat jumlah peserta yang terdaftar pada aplikasi.

Article Details

How to Cite
Mardiana, A., Nurdiana, N., & Nurzakiyah, A. (2020). PERANCANGAN APLIKASI PENDAFTARAN DIKLAT SATPAM BERBASIS ONLINE. INFOTECH Journal, 6(1), 53-57. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/509
Section
Articles

References

Fitriani, R.D. . 2017. "Penyelenggaraan Program Pendidikan Dan Pelatihan Satpam (Satuan Pengamanan) Di Garda Total Security Yogyakarta." Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah S1 6(4), 426-435.