TINGKAT KEPUASAN PESERTA PELATIHAN PENGABDIAN DOSEN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH MENGGUNAKAN FUZZY AHP
DOI:
https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.4339Abstract
Dilatarbelakangi ketidakmapanan sebagian masyarakat terhadap problema kehidupan di era teknologi dan globalisasi. Dosen Universitas Malikussaleh dituntut untuk melaksanakan pengabdian pada masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. AHP (Analytic Hierarchy Process) merupakan metode analisis dalam pengambilan keputusan berdasarkan kuantitas, koefisien, bobot dan koofisien indeks dihitung berdasarkan urutan perangkingan. Pengambilan keputusan menggunakan metode AHP menggunakan kriteria bersifat subjektif, dalam mengatasi permasalahan dalam pengambilan keputusan. Kepuasan peserta paling diprioritaskan adalah fasilitas dan perlengkapan. Fasilitas dan perlengkapan prioritas utama peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan adalah konsumsi. Persepsi peserta yang paling diminati adalah manfaat pelatihan yang didapatkan oleh peserta. Pelatihan menjadi prioritas utama kepuasan peserta pelatihan pengabdian dosen. Kriteria penyelenggara pelatihan yang menjadi prioritas utama peserta pelatihan pengalaman narasumber dalam memberikan materi pelatihan.
Keywords:
tingkat, kepuasan, peserta, pelatihanDownloads
References
Akhmadi, A. (2019). Kepuasan Peserta Diklat Terhadap Pelayanan Widyaiswara. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(2), 256–269. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.101
Asrianda, Asnawi, & Naufal, B. (2020). Fuzzy AHP model in influencing the decision to visit a coffee shop. 24(Special Issue 2), 372–381. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24SP2/PR201324
Bariqi, M. D. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 5(2), 64–69. https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6654
Chang, D.-Y. (1996). Applications of the extent analysis method on fuzzy AHP. European Journal of Operational Research, 95(3), 649–655. https://doi.org/10.1016/0377-2217(95)00300-2
Emrouznejad, A., & Ho, W. (2017). Fuzzy analytic hierarchy process. Fuzzy Analytic Hierarchy Process, 1–408. https://doi.org/10.1201/9781315369884
Julianto, V., Utomo, H. S., & Herpendi, H. (2020). Analisis dan Penerapan Metode Fuzzy AHP-TOPSIS dalam Penentuan Mitra Industri Sebagai Tempat Praktek Kerja Lapangan. Jurnal Ilmiah Informatika, 5(2), 108–121. https://doi.org/10.35316/jimi.v5i2.942
Nuraini, N. (2018). Tingkat Kepuasan Peserta Terhadap Kualitas Pelayanan Widyaiswara Pada Diklat Teknis Substantif Publikasi Ilmiah bagi Guru Mata Pelajaran Agama MTs Angkatan III. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 6(1), 168–186. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.53
Qiu, M., Li, R., & Chen, M. (2013). Application of AHP and Fuzzy theory in the Scientific Research Projects Management. iBusiness, 05(01), 13–17. https://doi.org/10.4236/ib.2013.51b003
Rezha, F. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(5), 105–112.
Setiawan, I., Ekhsan, M., & Parashakti, R. dhyan. (2021). Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan yang di mediasi kepuasan kerja. Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK), 1(2), 186–195. http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/32
Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan SDM Dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi di SKM Unit V PT. Gudang Garam,Tbk Kediri). Bisnis Manejemen, 3(1), 31–39. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/article/view/71
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 INFOTECH journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.