ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI DENGAN METODE SKM

Abstract Views : 320 / Downloads Count: 195

Authors

  • Daffa Alfian Anugrah UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
  • Albet Triadi UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
  • Khairul Azryan UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
  • Rivaldi Riansyah UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
  • Ridho Hidayat UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.7608

Keywords:

praktik kerja lapangan, dukcapil, SKM

Abstract

Praktek Kerja Lapangan merupakan penugasan kepada mahasiswa untuk mempelajari dan mengikuti kegiatan suatu pekerjaan sesuai dengan bidang atau mata kuliah di lapangan dan menulis laporan kegiatan secara tertulis. Dalam era otonomi daerah, pelayanan publik yang sebelumnya mempunyai kesan buruk dapat berganti menjadi pelayanan yang berkualitas. Pelayanan melibatkan masyarakat dan pemerintah diharapkan keduanya mempunyai kepuasan dalam memberikan pelayanan maupun penerima pelayanan. Pemerintah yang merupakan pihak yang menyediakan layanan publik yang masyarakat butuhkan seharusnya menjalankan tanggung jawabnya dan senantiasa berupaya untuk memberikan pelayanan yang paling baik untuk meningkatkan pelayanan public Keberhasilan pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan publik, harus difokuskan pada pemenuhan kebutuhan masyarakat secara maksimal baik dari segi kualitas maupun 2 kuantitasnya. Penilaian kepuasan masyarakat dapat dinilai melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Salah satu instansi yang melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi (selanjutnya disebut Dukcapil). Tujuan penelitian ini yakni Untuk memperoleh suatu informasi terkait metode penilaian kepuasan masyarakat pada Dukcapil Kota Jambi serta Untuk mengidentifikasi kendala dalam penilaian kepuasan masyarakat pada Dukcapil Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, R. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.

Agus, F. Y. (2006). Ketidakpaiapan Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Dinamika Cipta.

Dzulfadli, A. M. , B. W. M. (2019). Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Layanan di Kabupaten Konawe Selatan Provinsi SulawesiTenggara. Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 15(2), 228–239. https://http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/TAPIs/index

Kloter, P. (2013). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Lestari, R. V. O. Reindra. , R. Zaili. , Y. F. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 16(1), 118–123.

Oemar, H. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Bumi Aksara.

Pratama, Y. F. , Y. A. F. , M. A. , R. Y. , S. R. D. , S. St. (2021). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Sulawesi Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 197–210. https://doi.org/10.52316/jap.v17i2.67

Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia . Grafika Offset.

Suwarman, U. (2016). Perilaku Konsumen Teori Penerapan Dalam Pemasaran . Gahlia Indonesia.

Yusuf, A. M. (2007). Kiat Sukses dalam Karier. Gahlia Indonesia.

Yusuf M. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Gabungan. KENCANA.

Downloads

Published

20-12-2023

How to Cite

Anugrah, D. A., Triadi, A., Azryan, K., Riansyah, R., & Hidayat, R. (2023). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI DENGAN METODE SKM. INFOTECH Journal, 9(2), 658–663. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.7608

Issue

Section

Articles