PERANCANGAN UI/UX FITUR MENTOR ON DEMAND MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA WEBSITE SKILVUL

Authors

  • Ririn Nur Fauziyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Yusup Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siska Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.5928

Keywords:

Design Thinking, SEQ, SUS

Abstract

Skilvul merupakan sebuah platfrom Pendidikan Teknologi yang menyediakan konten pembelajaran digital serta berbagai macam layanan salah satunya pembelajaran kursus online, yang dimana layanan Pembelajaran kursus online dikatakan belum efektif karena masalah yang terdapat pada layanan pembelajaran kursus online yaitu skala perbandingan antara mentor dengan peserta yang besar sehingga dalam berkomunikasi secara satu per satu antara mentor dengan peserta menjadi terbatas. Hal tersebut membuat peserta menjadi kesulitan dalam menguasai materi yang diberikan oleh mentor serta peserta juga terkadang merasa tidak dibimbing. Berdasarkan permasalahan diatas perlu adanya layanan fitur mentor on demand yang dapat membantu peserta dalam memesan sesi mentoring secara private dengan mentor. Dalam perancangan UI/UX fitur mentor on demand menggunakan metode design thinking lalu dalam pengujian menggunakan SEQ dan SUS. Hasil dari penelitian ini menghasilkan prototype rancangan fitur mentor on demand dan pada tahap pengujian SEQ mendapat nilai 96% dan SUS mendapat nilai rata-rata 80 dengan kategori Acceptable Excellect.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, I. H. N., Santoso, P. I., & Ferdiana, R. 2015. Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale Website Usability Testing using System Usability Scale, 17(1), 31–28

Brooke, J. 2013. SUS: a retrospective, 8(2), 29-40.

Defriani, M., Resmi, G, M., & Jaelani, I. 2021. Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Dan System Usability Scale (Sus) Pada Situs Web Stt Wastukancana, 4(1). 30-39.

Fristanto, H. T. 2013. Pembuatan Website Promosi Dan Pemesanan Produk Pada Home Industri Agro Santoso Jamur Punung Pacitan, 2(1). 37-42.

Ghaffur, A. T., & Nurkhamid. 2017. Analisis Kualitas Sistem Informasi Kegiatan Sekolah Berbasis Mobile Web Di Smk Negeri 2 Yogyakarta, 2(1). 95-101.

ISO 9241-210. 2010. Ergonomics of human-system interaction – Part 210: Human-centred design for interactive systems.

Jogiyanto. 2014. Analisis & Desain Sistem Informasi: pendekatan terstrukturteori dan praktik aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2020. Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta: kemdikbud. Surat edaran Nomor 15 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Lastiansah, Sena. 2012. Pengertian User Interface. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Suryani, F. 2021. Metode Mentoring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pemantauan Karakter Siswa Berbasis Afeksi Selama PJJ, 6(3). 305–314.

Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (Covid-19): Suatu tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1): 187-102.

Downloads

Published

04-07-2023

How to Cite

Fauziyah, R. N., Yusup, D., & Siska. (2023). PERANCANGAN UI/UX FITUR MENTOR ON DEMAND MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA WEBSITE SKILVUL. INFOTECH Journal, 9(2), 331–338. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.5928

Issue

Section

Articles