Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SMA pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Media Genially

Authors

  • Sesillia Mutiara Jesan Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sriwijaya
  • Kurnisar Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sriwijaya
  • Tyas Masito Mutiara SMA Negeri 3 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9546

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya menerapkan media pembelajaran genially sebagai solusi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI.10 di SMA Negeri 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 3 siklus pembelajaran yang terdiri dari Pratindakan atau Prasiklus, Pascatindakan (Siklus 1), dan Pascatindakan (Siklus 2).  Adapun subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI.10 SMA Negeri 3 Palembang yang berjumlah 30 orang. Indikator dari minat belajar yang digunakan yaitu adanya perasaan senang, ketertarikan peserta didik, keterlibatan peserta didik, rajin dalam belajar, dan tekun dan disiplin dalam belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan media pembelajaran Genially dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket minat belajar dengan kriteria keberhasilan  76%-100% dinyatakan tinggi, 56-75,9% dinyatakan sedang, 0%-55,9% dinyatakan rendah. Dari hasil kegiatan pratindakan rata-rata yang didapatkan yaitu 48,83 % dengan kategori rendah dan dilanjutkan pada kegiatan pascatindakan siklus ke-1 diperoleh persentase 68,9 % dengan kategori sedang dan tetap mengalami peningkatan pada kegiatan pascatindakan siklus ke-2 dengan persentase 80,2 % dengan kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Genially dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI.10 di SMA Negeri 3 Palembang.

Keywords:

Minat Belajar, Genially, Mata Pelajaran PPKn

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bela Vista, E. R., Chasanatun, F., & Kustini, K. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Melalui Media Game Online Wordwall Pada Mata Pelajaran Ppkn. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 271–279. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i2.357

Fadilah, A. N., & Kusdiyanti, H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Genially. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(2), 156. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i2

Fatriyansyah, N., & Saputro, M. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Kelas Vii Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 5(2), 582–590.

Khoirun Ni’mah, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Genially Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Malang. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1731

Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 652–656. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3206

Mata, P., & Akuntansi, K. (2024). Game Edukasi Genially : Media Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa. 644–652.

Mata, P., Sepak, K., Dasar, B., Supriadi, A., Valianto, B., Olahraga, P. K., Ilmu, F., Universitas, K., Keolahragaan, F. I., Medan, U. N., Keolahragaan, I., Ilmu, F., Universitas, K., & Medan, N. (2023). Jurnal dunia pendidikan. 3(April), 67–78.

Sari, H. M. (2023). Pengembangan Media Board Game Cinta Nusantara untuk Meningkatkan Minat Belajar terhadap Mata Pelajaran PPKN Kelas X SMA Negeri 1 Cerme Gersik. Innovative Education Journal, 4(1), 265–275. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/download/743/576

Wandiri Rizki Rora, Sipahutar Alwina Dedek, Rahmawati Indi, Diah Rahmani, & Harpani Sulistia. (2022). Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 14890.

Downloads

Abstract Views : 413
Downloads Count: 154

Published

2024-10-14

How to Cite

Jesan, S. M., Kurnisar, K., & Mutiara, T. M. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SMA pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Media Genially. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9546

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 32 33 34 35 36 37 38 39 40 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.