Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SMA pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Media Genially
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9546Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya menerapkan media pembelajaran genially sebagai solusi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI.10 di SMA Negeri 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 3 siklus pembelajaran yang terdiri dari Pratindakan atau Prasiklus, Pascatindakan (Siklus 1), dan Pascatindakan (Siklus 2). Adapun subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI.10 SMA Negeri 3 Palembang yang berjumlah 30 orang. Indikator dari minat belajar yang digunakan yaitu adanya perasaan senang, ketertarikan peserta didik, keterlibatan peserta didik, rajin dalam belajar, dan tekun dan disiplin dalam belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan media pembelajaran Genially dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket minat belajar dengan kriteria keberhasilan 76%-100% dinyatakan tinggi, 56-75,9% dinyatakan sedang, 0%-55,9% dinyatakan rendah. Dari hasil kegiatan pratindakan rata-rata yang didapatkan yaitu 48,83 % dengan kategori rendah dan dilanjutkan pada kegiatan pascatindakan siklus ke-1 diperoleh persentase 68,9 % dengan kategori sedang dan tetap mengalami peningkatan pada kegiatan pascatindakan siklus ke-2 dengan persentase 80,2 % dengan kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Genially dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI.10 di SMA Negeri 3 Palembang.
Keywords:
Minat Belajar, Genially, Mata Pelajaran PPKnDownloads
References
Bela Vista, E. R., Chasanatun, F., & Kustini, K. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Melalui Media Game Online Wordwall Pada Mata Pelajaran Ppkn. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 271–279. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i2.357
Fadilah, A. N., & Kusdiyanti, H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Genially. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(2), 156. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i2
Fatriyansyah, N., & Saputro, M. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Kelas Vii Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 5(2), 582–590.
Khoirun Ni’mah, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Genially Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Malang. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1731
Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 652–656. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3206
Mata, P., & Akuntansi, K. (2024). Game Edukasi Genially : Media Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa. 644–652.
Mata, P., Sepak, K., Dasar, B., Supriadi, A., Valianto, B., Olahraga, P. K., Ilmu, F., Universitas, K., Keolahragaan, F. I., Medan, U. N., Keolahragaan, I., Ilmu, F., Universitas, K., & Medan, N. (2023). Jurnal dunia pendidikan. 3(April), 67–78.
Sari, H. M. (2023). Pengembangan Media Board Game Cinta Nusantara untuk Meningkatkan Minat Belajar terhadap Mata Pelajaran PPKN Kelas X SMA Negeri 1 Cerme Gersik. Innovative Education Journal, 4(1), 265–275. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/download/743/576
Wandiri Rizki Rora, Sipahutar Alwina Dedek, Rahmawati Indi, Diah Rahmani, & Harpani Sulistia. (2022). Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 14890.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sesillia Mutiara Jesan, Kurnisar, Tyas Masito Mutiara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work