Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Media Googlesites Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9562Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penggunaan Google Sites dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas XI.5 SMAN 3 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis-McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui kuesioner tentang motivasi belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik pada siklus pertama, dengan peningkatan persentase motivasi dari 69% (pra-siklus) menjadi 75% pada siklus pertama. Namun, terjadi sedikit penurunan pada siklus kedua, terutama pada aspek kebutuhan dan kegiatan belajar yang menarik. Secara keseluruhan, penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peneliti menyarankan integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan memotivasi, serta untuk meningkatkan hasil belajar. Teknologi seperti Google Sites memungkinkan akses yang mudah dan interaktif, sehingga mendukung pembelajaran yang lebih efektif.
Keywords:
Motivasi Belajar, Situs Google, Pendidikan PancasilaDownloads
References
Annisa, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada materi sortasi dan grading. EDUFORTECH, 6(1), 39-44.
Budiyono, B. (2020). Inovasi pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran di era revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300-309.
Ciung, M. V., Istiqomah, I., & Taufiq, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites pada Materi Deret Aritmatika. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 41–50. https://doi.org/10.28918/circle.v2i01.5100
Sumaryati, S., Retnasari, L., & Winarti, T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Peserta Didik di Sekolah Memengah Atas. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp1-12
Pratama, N. K. P., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p11
Oktarinah, Wiyono, K., & Zulherman. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Proyek Materi Alat-Alat Optik Untuk Kelas X Sma. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1–7
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Nur Fadhillah, Fitri Okta Purnasari, Muhammad Harry Al Hafiz, Winda Angelia, Kurnisar, Tyas Masito Mutiara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work