Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Media Googlesites Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Annisa Nur Fadhillah Pendidikan Profesi Keguruan, Universitas Sriwijaya
  • Fitri Okta Purnasari Pendidikan Profesi Keguruan, Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Harry Al Hafiz Pendidikan Profesi Keguruan, Universitas Sriwijaya
  • Winda Angelia Pendidikan Profesi Keguruan, Universitas Sriwijaya
  • Kurnisar Pendidikan Profesi Keguruan, Universitas Sriwijaya
  • Tyas Masito Mutiara SMA N 3 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penggunaan Google Sites dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas XI.5 SMAN 3 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis-McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui kuesioner tentang motivasi belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik pada siklus pertama, dengan peningkatan persentase motivasi dari 69% (pra-siklus) menjadi 75% pada siklus pertama. Namun, terjadi sedikit penurunan pada siklus kedua, terutama pada aspek kebutuhan dan kegiatan belajar yang menarik. Secara keseluruhan, penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peneliti menyarankan integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan memotivasi, serta untuk meningkatkan hasil belajar. Teknologi seperti Google Sites memungkinkan akses yang mudah dan interaktif, sehingga mendukung pembelajaran yang lebih efektif.

Keywords:

Motivasi Belajar, Situs Google, Pendidikan Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada materi sortasi dan grading. EDUFORTECH, 6(1), 39-44.

Budiyono, B. (2020). Inovasi pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran di era revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300-309.

Ciung, M. V., Istiqomah, I., & Taufiq, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites pada Materi Deret Aritmatika. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 41–50. https://doi.org/10.28918/circle.v2i01.5100

Sumaryati, S., Retnasari, L., & Winarti, T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Peserta Didik di Sekolah Memengah Atas. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp1-12

Pratama, N. K. P., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p11

Oktarinah, Wiyono, K., & Zulherman. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Proyek Materi Alat-Alat Optik Untuk Kelas X Sma. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1–7

Downloads

Abstract Views : 372
Downloads Count: 89

Published

2024-10-07

How to Cite

Fadhillah, A. N., Purnasari, F. O., Al Hafiz, M. H., Angelia, W., Kurnisar, K., & Mutiara, T. M. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Media Googlesites Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9562

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.