Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8669Abstract
Skor matematika siswa Indonesia dalam Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan penurunan yang signifikan. Di SDN Fajar Karya, pemahaman konsep matematis siswa kelas V masih rendah, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media digital Kahoot terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas V di SDN Fajar Karya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Fajar Karya (23 siswa) yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes tertulis (pretest dan posttest) dan observasi. Analisis data dilakukan dengan uji-t berpasangan menggunakan SPSS 25.0.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkannya model PBL berbantuan media Kahoot, dengan nilai rata-rata posttest sebesar 81,96. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), dan uji effect size menghasilkan nilai 1,298, menunjukkan pengaruh yang sangat besar. Model Problem Based Learning berbantuan media digital Kahoot memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas V SDN Fajar Karya. Hasil penelitian ini mendukung pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika.
Keywords:
Problem Based Learning, Kahoot, Pemahaman Konsep Matematis, Pendidikan Matematika, SDN Fajar KaryaDownloads
References
Aprilia, N. (2016). Impementasi Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Program Studi FKIP Univisersitas Ahmad Dahlan. Jurnal Bioedukatika, 27-30.
Asmarnis, Yuhelman, N., & Murwindra, R. (2016). Media Dan Efektivitas Belajar Siswa Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berdaya Saing Tinggi. Jurnal Zarah, 4(1), 34–46. file:///C:/Users/8/Downloads/171-Article Text-652-1-10-20170627.pdf
Amelia, H. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kombinasi Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IV MIN 11 Bandar Lampung". Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Raden Intan Lampung.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Deskoni. ( 2019). Penerapan Problem Based Learning berbantuan Kahoot! dalam meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Utilitas Vol. 5, No. 2 , 28-37.
Marwa. (2023,). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD Mujahidin Pontianak. Journal on Education Volume 06, No. 01,, E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365.
Maryati, I. (2018). Mosharafa. 7(1), 63.
Rachmawati, B., Dewi, R. P., & Prakoso, J. (2022). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Kebutuh. Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 349-356.
Wahyun, F. T. (2022.). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman KonsepMatematis Siswa Kelas XI Ma Mu’allimat Nu Kudus. Jurnal Pendiidkan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi Vol. 2, No. 2, , ISSN(Online): 2807-3878.
Yuliani, E. N. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Koopearatif
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raih Mitra Sulsana, I Nyoman Karma, Nurwahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work