DESKRIPSI PROSES BERPIKIR MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONSEP BARISAN BERDASARKAN TEORI MASON

Authors

  • Fery Insan Firdaus Prodi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana, Universitas Siliwangi
  • Khomsatun Ni’mah Prodi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana, Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.767

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) memaparkan hasil wawancara siswa berkemampuan tinggi, menengah, dan rendah dalam menyelesaikan masalah konsep barisan, (2) mengetahui proses pengkodean dari langkah-langkah penyelesaian masalah konsep barisan untuk siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah, dan (3) mendeskripsikan gambaran alur berpikir berdasarkan teori Mason dari proses berpikir siswa berkemampuan tinggi, menengah, dan rendah dalam menyelesaikan masalah konsep barisan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu kualitatif. Proses yang diamati adalah struktur proses berpikir siswa pada saat menyelesaikan permasalahan barisan dan deret bilangan dan wawancara yang dilakukan setelah proses penyelesaian permasalahan. Pengambilan data dilakukan secara daring dengan media Google Classroom. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantarujeg, Kabupaten Majalengka yang berkemampuan tinggi, menegah, dan rendah. Untuk siswa yang berkemampuan tinggi selama penyelesaian masalah, sudah memenuhi semua aspek indikator proses berpikir, dari mulai entry, attack, sampai review. Untuk siswa yang berkemampuan menengah tahap entry sudah terpenuhi, tetapi pada aspek attack tidak semua komponen terpenuhi (hanya try dan mybe) komponen why ketika diwawancara tidak bisa memberikan alasan. Dan pada akhirnya di tahap review tidak bisa mengaitkan dengan apa yang ditunjukkan dalam entry. Sedangkan untuk siswa yang berkemampuan rendah, menjawab dengan tidak sesuai dengan yang diberikan.

Keywords:

Proses Berpikir Matematis, Pemecahan Masalah, Teori J. Mason

Downloads

Download data is not yet available.

References

Husnah, A. (2018). Analisis Berpikir Pseudo Siswa Dalam Memecahkan Masalah Perbandingan Dibedakan Berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi: FKIP UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Kusumaningrum dan Saefudin. (2012). Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Mtematika. Makalah: dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Mason, J., Burton, L., Stacey, K. (2010) Thinking Mathematically (Second Edition) England: Pearson.
Mustafa, S. dan Sari, V. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa dengan Menggunakan Worksheet. Jurnal: Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II), Universitas Muhammadiyah Surakarta, 18 Maret 2017.
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Jurnal: Pedagogia Vol. 2, No. 1, Februari 2013: halaman 71-83.
Subanji, dkk. (2016). Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016, Halaman: 297—313.

Downloads

Abstract Views : 1434
Downloads Count: 784

Published

2021-01-17

How to Cite

Insan Firdaus, F., & Ni’mah, K. (2021). DESKRIPSI PROSES BERPIKIR MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONSEP BARISAN BERDASARKAN TEORI MASON. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 711–720. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.767

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.