DESKRIPSI PROSES BERPIKIR MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONSEP BARISAN BERDASARKAN TEORI MASON
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.767Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) memaparkan hasil wawancara siswa berkemampuan tinggi, menengah, dan rendah dalam menyelesaikan masalah konsep barisan, (2) mengetahui proses pengkodean dari langkah-langkah penyelesaian masalah konsep barisan untuk siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah, dan (3) mendeskripsikan gambaran alur berpikir berdasarkan teori Mason dari proses berpikir siswa berkemampuan tinggi, menengah, dan rendah dalam menyelesaikan masalah konsep barisan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu kualitatif. Proses yang diamati adalah struktur proses berpikir siswa pada saat menyelesaikan permasalahan barisan dan deret bilangan dan wawancara yang dilakukan setelah proses penyelesaian permasalahan. Pengambilan data dilakukan secara daring dengan media Google Classroom. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantarujeg, Kabupaten Majalengka yang berkemampuan tinggi, menegah, dan rendah. Untuk siswa yang berkemampuan tinggi selama penyelesaian masalah, sudah memenuhi semua aspek indikator proses berpikir, dari mulai entry, attack, sampai review. Untuk siswa yang berkemampuan menengah tahap entry sudah terpenuhi, tetapi pada aspek attack tidak semua komponen terpenuhi (hanya try dan mybe) komponen why ketika diwawancara tidak bisa memberikan alasan. Dan pada akhirnya di tahap review tidak bisa mengaitkan dengan apa yang ditunjukkan dalam entry. Sedangkan untuk siswa yang berkemampuan rendah, menjawab dengan tidak sesuai dengan yang diberikan.
Keywords:
Proses Berpikir Matematis, Pemecahan Masalah, Teori J. MasonDownloads
References
Kusumaningrum dan Saefudin. (2012). Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Mtematika. Makalah: dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Mason, J., Burton, L., Stacey, K. (2010) Thinking Mathematically (Second Edition) England: Pearson.
Mustafa, S. dan Sari, V. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa dengan Menggunakan Worksheet. Jurnal: Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II), Universitas Muhammadiyah Surakarta, 18 Maret 2017.
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Jurnal: Pedagogia Vol. 2, No. 1, Februari 2013: halaman 71-83.
Subanji, dkk. (2016). Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016, Halaman: 297—313.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work