Nilai Edukasi Dan Nilai Budaya Cerita Rakyat Putri Hijau Karya Farizal Nasution Dan Cerita Rakyat Lau Kawar Karya Lie Nuralia & Iim Imadudin
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6100Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui gambaran nilai edukasi dalam cerita rakyat Putri Hijau karya Farizal Nasution dan lau kawa karya Lie Nuralia & Iim Imadudin. (2) Memahami gambaran nilai budaya dalam cerita rakyat Putri Hijau karya Farizal Nasution dan lau kawa karya Lie Nuralia & Iim Imadudin. pendekatan yang diperlukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hal ini disebabkan objek penelitian yang akan diteliti merupakan objek yang memerlukan studi lapangan sehingga berkaitan dengan investigasi dan interaksi langsung dengan narasumber. Penelitian kualitatif adalah salah satu metode penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang kenyataan melalui proses berfikir induktif. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat dalam situasi dan setting fenomenanya yang diteliti. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah Nilai pendidikan dalam kedua cerita rakyat tersebut memiliki struktur yang membangun sebuah karya sastra, maka di dalamnya juga terdapat nilai-nilai pendidikan yang dapat diambil oleh pembaca. Nilai yang terkandung dalam cerita tersebut adalah sebagai berikut (1) nilai kebenaran, (2) nilai agama, (3) nilai moral dan (4) nilai sosial. Adapun nilai budaya yang terdapat pada kedua cerita rakyat tersebut adalah sebagai berikut, (1) Hubungan Manusia dengan Tuhannya, (2) hubungan manusia dengan manusia, (3) hubungan manusia dengan alam, (4) hubungan manusia dengan karyanya.
Keywords:
nilai edukasi, Nilai Budaya, cerita rakyatDownloads
References
Ahmadi, R., & Mohamadi, Z. (2017). The Effect of Storytelling through Puppets on Speaking Fluency and Motivation of pre-intermediate Iranian English as Foreign language learners. Teaching English Language Studies, 5(4), 65–102.
Arsjad, M. G., & Mukti, U. S. (1993). Pembimbing Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Airlangga.
Baginda, A. S. T., Mandey, J., & Kolondam, H. (2016). Kinerja Pegawai Daam Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Tombatu Dua Kecamatan Tombatu Utara Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik, 1(37).
Bakker, P. (2014). The hyperlocal in practice: Innovation, creativity and diversity. Digital journalism, 2(3), 296-309.
Basyah, Musbani M. (2017). Menanam Nilai Pendidikan Karakter Melalui “Cerita Dongeng Orang Aceh”. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3 (2), 103-118.
Bayuadhy, G. (2015). Tradisi-tradisi adiluhung para leluhur Jawa. (No Title).
Besari, A. (2021). Perkembangan Sikap dan Nilai Moral Peserta didik Usia Remaja. Jurnal Paradigma, 11(1), 25-43.
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46.
Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam dalam perspektif filsafat. Jakarta: Kencana.
Dian, T. S., & Purba, R. (2021). Pembuatan Video Promosi Umkm Rendy Handycraft. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 2(1), 1-5.
El Hayek, (2016). Exercise promotes the expression of brain derived neurotrophic factor (BDNF) through the action of the ketone body β-hydroxybutyrate. elife, 5, e15092.
Elsa Gusmayanti & Dimyati. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (2), 903-917.
Endraswara, S. (2016). Metodologi Penelitian Ekologi Sastra. Media Pressindo.
Fauzi, F. (2018). Karakteristik Kesulitan belajar membaca pada siswa kelas rendah sekolah
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vanny Wiranata, Jusrin Efendi Pohan, Sartika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work