Aplikasi Evernote Mangrove Sebagai Media Jurnal Belajar Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Self-efficacy Siswa

Authors

  • Rani Mahadika Gumanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Indria Wahyuni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Mahrawi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Ika Rifqiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Dwi Ratnasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Enggar Utari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Evernote Mangrove sebagai media jurnal belajar digital terhadap minat belajar dan Self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa/i kelas X MIPA SMAN 4 Kota Serang tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 160 siswa dan sampel pada penelitian ini yaitu 30 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket minat belajar, angket Self-efficacy, angket respons siswa, jurnal belajar digital, dan lembar keterlaksanaan RPP. Nilai rata-rata jurnal belajar digital Evernote Mangrove siswa yaitu 78,52 dengan kategori baik. Nilai rata-rata minat belajar siswa kelas kontrol yaitu 69,5 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen yaitu 79 dengan kategori tinggi. Sementara nilai rata-rata Self-efficacy siswa kelas kontrol yaitu 70,67 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen yaitu 79,87 dengan kategori tinggi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji hipotesis sehingga dihasilkan perbedaan yang signifikan pada minat belajar dan self-efficacy siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aplikasi Evernote Mangrove sebagai media jurnal belajar digital terhadap minat belajar dan Self-efficacy siswa.

Keywords:

Evernote, jurnal belajar digital, mangrove, minat belajar, Self-efficacy

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, M. (2015). Penggunaan Evernote sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X (Studi Kasus: SMA N 1 Bringin). Artikel Ilmiah, 1-17.

Akrim. (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Andriyani, F. D. & E. N. Indra. (2017). Kontribusi Penggunaan Jurnal Belajar pada Pembelajaran Mata Kuliah Permainan Bola Basket. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 140-147.

Andriyani, F., R. Saraswati, D. Melasari, A. Putri, D. Sumardani. (2020). Kelayakan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan, Jurnal Risenologi, 5(1), 20-25.

Arianingsih, A. & S. M. Setiana. (2018). Minat Belajar Mahasiswa terhadap Pembelajaran Chookai. Journal of Japanese Language Education & Linguistics, 2(2), 249-257.

Astuti, D., G. Susilo., T. Hariyanti., N. I. Sari. (2018). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 102-113.

Jayawardana, H. B. A. & R. S. D. Gita. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi di Era Pandemi Covid-19, 5(1), 58-66.

Khaerunnisa, F., Y. Sunarjan, H. T. Atmaja. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31-41.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15 (1), 55-61.

Maharani, N. F., Parlan & S. Marfuah. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif PDCA Berbantuan Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Prestasi Belajar Siswa dalam Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(3), 1306-1312.

Marneli, D., H. Dirma, & R. Delfita. (2020). Korelasi Self Efficacy dengan Hasil Pembelajaran Biologi di SMA 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Jurnal SIMBIOSA, 9(2), 158-165.

Novena, V. V. & Kriswandani. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (2), 189-196.

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76-87.

Nurlia, Y. Hala, R. Muchtar, O. Jumadi, A. M. Taiyeb. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (2), 321-328.

Oktariani. (2018). Peranan Self-Efficacy dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kognisi, 3 (1), 41-50.

Pariani, E. (2019). Analisis Self-Efficacy (Efikasi Diri) Siswa dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI MIPA di

Permana, R. H., I. Ardiansah, D. Adiningsih & M. Trisyani. (2018). Tingkat Usabilitas dan Kepuasan Evernote sebagai Platform E-Learning untuk Mata Kuliah Ilmu Dasar Keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Padjajaran. Jurnal Keperawatan Komprehensif, 4 (2), 92-97.

Prakoso, B. (2019). Pemanfaatan Evernote sebagai Media Penilaian Portofolio pada Pembelajaran Sastra di SMA. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Tidar, 94-103.

Putri, I. D. C. K. & S. A. Widodo. (2018). Hubungan antara MInat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 7(6), 721-724.

Rahayu, R., S. Iskandar & Y. Abidin. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.

Rusmana, D., W. Murtini & Harini. (2019). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 pada Pendidikan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik SMK. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(1), 17-32.

Rustam, S. S. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Biologi. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 5 (1), 1-10.

Septiyana, K., A. P. B. Prasetyo & W. Christijanti. (2013). Jurnal Belajar sebagai Strategi Berpikir Metakognitif pada Pembelajaran Sistem Imunitas. Unnes Journal of Biology Education, 2 (1), 1-9.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6 (1), 35-43.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vendityaningtyas, V., E. W. Styati, K. Natalia. (2020). Teaching Writing by Using Evernote Application. Journal of Physics: The 1st International Conference on Education and Technology (ICETECH), Series 1464.

Wahdania, R. Ulfiani & S. Sri. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Harga Diri dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Poddo Kabupaten Sinjai. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 68-81.

Wulandara, Y., M. E. Hendriyani & I. Rifqiawati. (2021). Pengaruh Jurnal Belajar Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Koginitif Siswa Kelas XI SMAN 1 Anyer pada Materi Sistem Reproduksi. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 16 (1), 72-80.

Yolandita, S.D. & N. Fauziah. (2021). Hubungan Self-Efficacy terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Daring. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9 (3), 234-241.

Downloads

Abstract Views : 329
Downloads Count: 319

Published

2023-02-26

How to Cite

Gumanti, R. M., Wahyuni, I., Mahrawi, M., Rifqiawati, I., Ratnasari, D., & Utari , E. (2023). Aplikasi Evernote Mangrove Sebagai Media Jurnal Belajar Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Self-efficacy Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 141–154. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4422