Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa

Authors

  • Zamiah Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Jusrin Efendi Pohan Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Yenita Br. Sembiring Universitas Prima Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning atau PjBL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas XI di SMAS Pangeran Antasari. Menggunakan desain quasi-eksperimen dengan kelompok kontrol dan eksperimen, penelitian ini melibatkan 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui metode konvensional. Data pre-test dan post-test memperlihatkan bahwa rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen meningkat dari 69,17 menjadi 81,73, dengan variasi hasil yang lebih merata di antara siswa. Sebaliknya, meskipun kelas kontrol juga mengalami peningkatan, hasilnya kurang konsisten dan bervariasi. Uji statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, mendukung hipotesis bahwa PjBL lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PjBL tidak hanya meningkatkan kemampuan menulis siswa secara keseluruhan tetapi juga membuat hasil belajar lebih merata, menjadikannya pendekatan yang efektif untuk pembelajaran menulis teks cerita pendek.

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Projeck, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rani, S. (2004). Intisari Sastra Indonesia untuk SLTP.

Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan metode mengikat makna dalam pembelajaran menulis cerpen pada mahasiswa IKIP Siliwangi bandung. Semantik, 7(1).

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula, 16.

Aldhomoro, R. D. (2010). Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui penggunaan strategi 3m (meniru, mengolah, dan mengembangkan) pada siswa kelas x. 1 sma negeri 1 Musuk kabupaten Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2009/2010.

Amanda, N. W. Y., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari self efficacy siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Amelia, F. Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Kelas Iv Di Sdn 1 Tanjung Gading Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Ayukanti, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 9 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Bransford, J. D., & Stein, B. S. (1993). The IDEAL problem solver.

Damayanti, D. A., Rahmawati, R. A., & Khumaidi, M. W. (2023). Analisis Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VII-C Bahrul Ulum Natar Lampung Selatan. Al Mitsali: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 105-111.

Doyin, M. (2014). Pengembangan materi ajar puisi di sd. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1).

Helm, J. H., Katz, L. G., & Wilson, R. (2023). Young investigators: The project approach in the early years. Teachers College Press.

Jakob, S., & Saini, K. M. (1997). Apresiasi kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kurniawan, D. A., Darmaji, D., Astalini, A., & Widodo, R. I. (2022). HOTS Study: How are the literacy and thinking skills of students different?. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, 11(2), 165-174.

M Rifqi, I. N. F. A. N. T. R. I. O. (2021). Pengaruh Pembelajaran Sains Dengan Model Project Based Learning Terhadap Sikap Ilmiah Sains Pada Peserta Didik Kelas V Sdn 3 Negara Ratu (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

Nuryatin, A., & Irawati, R. P. (2016). Pembelajaran menulis cerpen.

Purba, A. (2010). Sastra indonesia kontemporer. (No Title).

Puspitasari, E. H. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dengan Bahasa Sendiri Melalui Media Film Dongeng Pada Peserta Didik Kelas Vii B Mts Mu’allimin Malebo Temanggung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).

Riinawati, M. P. (2020). Monograf: hubungan penggunaan model pembelajaran blanded learning terhadap hasil belajar matematika. CV. KANHAYA KARYA.

Sayuti, S. A. (2022). Berkenalan dengan prosa fiksi. Cantrik Pustaka.

Setia Mulyani, T., Erlin, E., & Yulisma, L. (2020). Studi Dokumenter Hasil Belajar Psikomotor Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Menggunakan Model PjBL pada Siswa Kelas VII MTsN 11 Ciamis.

Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika (Vol. 550259). cv. Mine.

Suharianto, S. (1982). Dasar-dasar Teori sastra. Widya Duta.

Sumardjo, J. (2001). Beberapa petunjuk menulis cerpen. Bandung: Mitra Kencana.

Supriyati, C. (2015). Metodelogi Penelitian.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 6(1).

Tarigan, H. G. (1987). Membaca: sebagai suatu keterampilan berbahasa. (No Title).

Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan penerapannya dalam proses pembelajaran di kelas. Deepublish.

Warsono, H., & Hariyanto, M. S. (2012). Pembelajaran aktif teori dan asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Warsono, H., & Hariyanto, M. S. (2013). Pembelajaran aktif dan assesmen. Bandung, Indonesia: PT remaja Rosdakarya (indones).

Widianingsih, C. (2017). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Anak Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kramat III Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(1), 43-52.

Yuliani, P. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar KPK Dan FPB Kelas IV MI Darul Muta'allimin Cepoko (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Yulianti, P. (2008). Peran storytelling terhadap pembinaan minat baca anak di taman bacaan Yayasan Wakaf Khadijah Aisyah Kampung GaGak, Tangerang.

Zuchdi, D. (2011). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik.

Zulaeha, I. (2013). Pembelajaran Menulis Kreatif: Teori, Model, dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Abstract Views : 1516
Downloads Count: 495

Published

2024-09-02

How to Cite

Zamiah, Z., Pohan, J. E., & Sembiring, Y. B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9406

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.