Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pendekatan Berbasis Teks untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9086Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan berbasis teks untuk meningkatkan kreativitas menulis teks cerpen kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada penelitian ini meliputi: 1) kemampuan penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan berbasis teks untuk meningkatkan kreativitas menulis teks cerpen kelas XI SMA Negeri 3 Medan. 2) kemampuan peserta didik menulis teks setelah perlakuan pembelajaran berdiferensiasi dengan berbasis teks. 3)pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan berbasis teks efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks cerpen. 4) terdapat perbedaan kemampuan peserta menulis teks cerpen pada kelas control dan eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental design Prates dan Pascates melalui uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil akhir ada perubahan nilai setelah mendapat perlakuan. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prates 85,28 dan nilai rata-rata pascates 93,56 di kelas eksperimen. Selain itu, hasil uji Wilcoxon signed rank dengan nilai Asymp.Sig. (-2 tailed) menunjukkan 0,000 nilai 0,000 < 0,05, dapat dikatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan berbasis teks efektif meningkatkan menulis cerpen siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Sampel penelitian ini berjumlah 72 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri atas 36 orang.
Keywords:
Berbasis, berdiferensiasi, cerpen, menulisDownloads
References
Agustina, E. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. Aksara, 18(1), 241049.
Alhafiz, N. 2022. Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922.
Ali, Lukman. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cetakan Ke III, Jakarta : Balai Pustaka.
Ambarita, Jenri. dan Pitri Solida. 2020. Pengantar Pembelajaran Berdiferensiasi,. Indramayu: CV Adanu Abimata,
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Badudu J.S dan Zain, Sutan Mohammad. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Baryadi, I. P. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11.
Bayumi, dkk. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Brown, H. Douglas.2001. Teaching by Principles an Interactive Approach to Language
Budyartati, S. 2016. Tes Kognitif Diagnostik Untuk Mendeteksi Kesulitan Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 1(01). https://doi.org/10.25273/pe.v1i01.3 4
Creswell, John W. 2002. Desain Penelitian. Jakarta: KIK Press.
Elina Syarif, Zulkarnaen, Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Erni Yulianti. 2022. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menulis Teks Eksposisi Dengan Pendekatan Berbasis Teks. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. 2019. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Gregory, G. H., & Chapman, C. 2002. Differentiated instructional strategies. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Harmer. J. 2007. The Practice of English Language Teaching. Fourth Edition. Pearson Longman.
Herwina, W. 2021. Mengoptimalkan kebutuhan dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran yang berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Hyland Ken. 2007. Second Language Writing (4t ed.). Cambridge University. Press. Iasha, V.
Indrawan dan P. Yaniawati. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen,Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Iskandar, D. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48
Kebudayaan, Panduan-Guru-Penggerak. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.ig
Kemdikbud. 2021. LMS Modul 2.1 Program Guru Penggerak https://bantuan.simpkb.id/books/simlms-pgp-instruktur/ch01/1-1-caraakses-lms.html (diakses pada 14 November 2022).
Khasanah, Imroatun dan Alfiandra. 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IX SMPN 33 Palembang, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 5 No. 1.
Khusmila. 2020. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Daeing pada Peserta Didik Kelas IXC SMP IT Ar-Rochman Salaman Semester 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kosasih, E. 2004. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Ryama Widya.
Kurniawati, J. dkk. 2018. Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Universitas Negeri Makassar
Kusadi, Ni Made Risa. 2022. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Model VAK dengan Multimoda untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa, Majalah Ilmiah Untab, Vol. 19 No.1.
Listin & Saraswati. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas VII SMP Sandika Sukajadi. Jurnal Bindo Sastra. Vol. 1, No.1. hal 24-27
Lotto, Josilia L. 2016. Kemampuan Menentukan Unsur Instrinsik Cerpen Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Vol. 2, No.1. hal 12-26.
M. Atar Semi. 2007. Dasar – Dasar Keterampilan Menulis. Bandung : Angkasa
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Natalia Simarmata, Sadieli Telaumbanua, Sartika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work