Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS dan Keterampilan Berpikir Siswa Kelas IV SD
Abstract
Kebiasaan belajar selama masa pandemi, yang memerlukan pembelajaran online dengan dominasi guru dalam proses belajar dan siswa hanya sebagai penerima materi, telah menimbulkan ketidakpartisipasian siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada menurunnya kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Tingkir Tengah 02 Salatiga dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning berbasis kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD N Tingkir Tengah 02, semester 1 tahun 2023/2024, pada siswa kelas IV sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis serta observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran CTL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menerapkan pendekatan CTL, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam setiap siklus. Pada siklus I, hasil belajar mencapai 70,3, kemudian meningkat menjadi 75,56 pada siklus II, dan mencapai 80,74 pada siklus III. Keterampilan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, keterampilan berpikir kritis mencapai 70%, kemudian naik menjadi 75% pada siklus II, dan mencapai 81% pada siklus III.. Metode CTL mampu untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dan keterampilan berpikir kritis karena melibatkan pembelajaran dalam konteks nyata, mendorong pengalaman aktif siswa, dan melibatkan mereka dalam berpikir kritis. Ini meningkatkan pemahaman siswa dan hasil belajar dengan cara yang progresif melalui siklus pembelajaran berkelanjutan.
Keywords:
Contextual Teaching and Learning, Kurikulum Merdeka, Ketrampilan Berpikir KritisDownloads
References
Amalia, A., & Wilujeng, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA vol 7:3.
Anna, J. (2022, November 9). Diambil kembali dari https://adjar.grid.id/read/543374970/mapel-ipa-dan-ips-digabung-begini-gambaran-tentang-penerapan-kurikulum-merdeka-jenjang-sd?page=all
Bahri, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)Tipe Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis . Jurnal Pendidikan Islam Vol 8: 1.
Depdiknas. (2010). Pedoman Pengembangan Instrumen Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(6), 235-239.
Hasanah, N. (2022). Sosialisasi kurikulum merdeka merdeka belajar untuk meningkatkan pengetahuan para guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1:3.
Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235-245.
Kemendikbudristek. (2022). Kepmendikbudristek No 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Merdeka.
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menegah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud Ristek.
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD berorientasi contextual teaching and learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25-33.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149-157.
Murtiani, & Fauzan, A. (2012). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di SMP Negeri Kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.
Setyawati, D. H. L., Fakhriyah, F., & Khamdun, K. (2020). Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dengan Menerapkan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Lempar Karet Pengetahuan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 130-139.
Sherly, D. E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Di dalam: Al-Banjari MA, editor. Merdeka Belajar di Era Pendidikan 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan, 183-190.
Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117-3124.
Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV Widya Karya.
Tampubolon, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Usmaedi, & Alamsyah, T. P. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar dan SelfEsteem Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2:2 , 215–230.
Wijaya, T., & Rahmadhar, Y. (2022). Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1677-1682.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anastasya Yolanti, Adi Winanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work