Kunci Sukses Peningkatan Jumlah Dosen Tersertifikasi pada Perguruan Tinggi XYZ
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4782Abstract
Ketika dosen melaksanakan tugas, mereka tidak terlepas dari pengurusan jenjang karier. Pencapaian karier ini diraih melalui pelaksanaan kewajiban tridharma. Selanjutnya kinerja tersebut didokumentasikan pada sebuah aplikasi agar periode berikutnya bagi dosen yang memiliki jabatan fungsional paling awal yaitu Asisten Ahli (AA), dapat diusulkan sebagai peserta serdos. Serdos adalah salah satu karier yang wajib ditempuh oleh dosen ber-jabatan fungsional. Adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang telah berdiri puluhan tahun dan meraih akreditasi B namun jumlah dosen bersertifikatnya masih belum signifikan, maka dilakukanlah penyelidikan oleh peneliti untuk memperoleh jawaban penyebab minimnya jumlah dosen serdos sekaligus untuk mendapatkan penanggulangannya. Bahasan kajian berdasar pada hasil wawancara dan observasi di lembaga tersebut setelah menelaah data dosen yang diperoleh dari bagian akademik kampus. Data terkumpul selanjutnya dinarasikan menggunakan metode kualitatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa dosen memiliki kesibukan tugas lain sehingga tidak cukup waktu untuk menulis karya ilmiah, dosen juga belum begitu memahami penggunaan aplikasi untuk menyimpan data kinerjanya, dan dosen masih dalam proses penyesuaian pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Sehingga solusinya diperlukan sebuah perubahan pada diri dosen sendiri berupa perubahan pola berpikir bahwa dosen adalah profesi dirinya dengan segala kewajibannya. Adapun pihak lembaga, diharapkan melakukan evaluasi kinerja dosen secara berkala, dan memastikan kesiapan tenaga administrasi dalam mengurus karier dosen.
Keywords:
Serdos, karier, tri dharmaDownloads
References
Atmaja, K. J., & Wijaya, I. N. S. W. (2019). Pengembangan sistem evaluasi kinerja dosen (e-kuesioner) STMIK STIKOM Indonesia. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 8(1), 55-64.
Aziz, Al Barqy, A. A. (2015). Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kementerian Agama Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim).
Diana Santy, N. W. (2021). Citra Perusahaan Garuda Indonesia: Persepsi Para Loyalis Garuda Indonesia (Doctoral dissertation, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta).
Ginting, S. W., & Dharmawan, E. A. (2017). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Seleksi prioritas Pengajuan Dosen Calon Penerima Sertifikasi. JURNAL SIMETRIK, 7(2).
Hodi. (2016). Analisis Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara. Vol. 9. Hal. 61
Aththaariq, T., Mochammad Wispandono, R. M., & Wildan, M. A. (2014). Kompetensi, P., Terhadap, D., Dosen, K., Universitas, D., Madura. In Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis (Vol. 1, Issue 1).
Muluk, M. R. K. (2019). Strategi Percepatan Peningkatan Jabatan Fungsional Dosen. Civil Service Journal, 13(1 Juni), 47-59.
Nur Baits, A (2020). Fiqh ASN dan Karyawan. Muamalah Publishing. Hal. 67
Rahmat, Pupu. (2009). Jurnal-Penelitian-Kualitatif. (n.d.). Equilibrium, Vol. 5 No. 9
Ratiyah, H., Vidada, I. A., Setyaningsih, E. D., & Oktiyani, R. (2019). Keterkaitan Antara Minat Mengurus Jabatan Fungsional Dan Sertifikasi Pendidik Dikalangan Dosen Swasta. Jurnal Ecodemica, 3(2).
Permen No. 42 Sertifikasi Dosen. (n.d.).
Runtu, A. C., Mandey, J., & Ogotan, M. (2015). Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Bagian Akademik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Administrasi Publik, 2(30).
Suheri, A. (2017). Sistem Monitoring Kineja Dosen Dalam Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ( Studi Kasus Stmik Cilegon ). Media Jurnal Informatika, 9(1), 37–48. http://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika
Yuliawati, S. (2012). Kajian implementasi tri dharma perguruan tinggi sebagai fenomena pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 218712.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Occe Luciana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work