Pengembangan Instrumen Tes Numerasi Pada Asesmen Kompetensi Minimum Yang Bernilai Budaya Lokal

Authors

  • Nisa Aprilia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Yani Setiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Cecep Anwar Hadi FS Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang bernilai budaya lokal. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1) tahap analisis dengan melakukan analisis kurikulum, analisis materi belajar dan analisis peserta didik, (2) tahap perancangan dengan menentukan tujuan tes, menyusun kisi-kisi, dan penulisan soal, (3) tahap pengembangan dengan melakukan validasi dari ahli materi, ahli evaluasi dan ahli budaya serta memperbaiki butir soal atas masukan dan saran dari para ahli, (4)tahap pelaksanaan dengan melakukan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dan (5) tahap evaluasi untuk mengetahui kualitas dari instrumen yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Serang. Dari uji validitas diperoleh bahwa 20 butir soal valid, uji reliabilitas didapat nilai koefisien 0,8747 untuk soal objektif dan 0,8038 untuk soal uraian, dimana dari hasil tersebut didapat kriteria sangat tinggi untuk soal objektif dan tinggi untuk soal uraian, tuji tingkat kesukaran diperoleh sedang untuk semua soal dan uji daya pembeda memenuhi kriteria baik sekali.

Keywords:

Instrumen Tes, Asesmen Kompetensi Minimum , Budaya Lokal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (1986). Validitas dan Reliabilitas. Jakarta: Rineka Cipta.

Cooper, D. R. & Schindler, P. S. (2006). Business Research Methods. Ninth Edition. Mc Graw-Hill.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas.

Fraenkel, J. L., Wallen, N. E., & Hyun, H. H.. (2012). How to design and evaluate research in education eighth edition. New York : Mc Graw Hill.

Kemendikbud. (2020). Daftar Tanya Jawab Kebijakan Ujian Nasional (UN). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/tanya-jawab/tanya-jawab-ujian-nasional

Kurniasi, E. R., Yopa, Y., & Karennisa, F. (2020). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Toboali. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(1), 43-52.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal tabularasa, 6(1), 87-97.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115-125.

Muluki, A. (2020). Analisis kualitas butir tes semester ganjil mata pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86-96.

Mulyadi, M. (2012). Riset desain dalam metodologi penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71-80.

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda PAS. Natural Science Education Research, 4(3), 249-257.

Perdana, N. S. (2021). Analysis of Student Readiness in Facing Minimum Competency Assesment. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 15–20. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i1.3406

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Setyaningrum, N. D. B. (2018). Ekspresi Seni Budaya Lokal Di Era Global. https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja. Rosdakarya.

Walizer, M. (1987). Metode dan Analisis Penelitian. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Abstract Views : 599
Downloads Count: 656

Published

2023-06-07

How to Cite

Aprilia, N., Setiani, Y., & Hadi FS , C. A. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Numerasi Pada Asesmen Kompetensi Minimum Yang Bernilai Budaya Lokal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 850–857. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4824

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.