Pengembangan Instrumen Tes Numerasi Pada Asesmen Kompetensi Minimum Yang Bernilai Budaya Lokal
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4824Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang bernilai budaya lokal. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1) tahap analisis dengan melakukan analisis kurikulum, analisis materi belajar dan analisis peserta didik, (2) tahap perancangan dengan menentukan tujuan tes, menyusun kisi-kisi, dan penulisan soal, (3) tahap pengembangan dengan melakukan validasi dari ahli materi, ahli evaluasi dan ahli budaya serta memperbaiki butir soal atas masukan dan saran dari para ahli, (4)tahap pelaksanaan dengan melakukan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dan (5) tahap evaluasi untuk mengetahui kualitas dari instrumen yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Serang. Dari uji validitas diperoleh bahwa 20 butir soal valid, uji reliabilitas didapat nilai koefisien 0,8747 untuk soal objektif dan 0,8038 untuk soal uraian, dimana dari hasil tersebut didapat kriteria sangat tinggi untuk soal objektif dan tinggi untuk soal uraian, tuji tingkat kesukaran diperoleh sedang untuk semua soal dan uji daya pembeda memenuhi kriteria baik sekali.
Keywords:
Instrumen Tes, Asesmen Kompetensi Minimum , Budaya LokalDownloads
References
Azwar, S. (1986). Validitas dan Reliabilitas. Jakarta: Rineka Cipta.
Cooper, D. R. & Schindler, P. S. (2006). Business Research Methods. Ninth Edition. Mc Graw-Hill.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas.
Fraenkel, J. L., Wallen, N. E., & Hyun, H. H.. (2012). How to design and evaluate research in education eighth edition. New York : Mc Graw Hill.
Kemendikbud. (2020). Daftar Tanya Jawab Kebijakan Ujian Nasional (UN). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/tanya-jawab/tanya-jawab-ujian-nasional
Kurniasi, E. R., Yopa, Y., & Karennisa, F. (2020). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Toboali. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(1), 43-52.
Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal tabularasa, 6(1), 87-97.
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).
Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115-125.
Muluki, A. (2020). Analisis kualitas butir tes semester ganjil mata pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86-96.
Mulyadi, M. (2012). Riset desain dalam metodologi penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71-80.
Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda PAS. Natural Science Education Research, 4(3), 249-257.
Perdana, N. S. (2021). Analysis of Student Readiness in Facing Minimum Competency Assesment. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 15–20. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i1.3406
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Setyaningrum, N. D. B. (2018). Ekspresi Seni Budaya Lokal Di Era Global. https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja. Rosdakarya.
Walizer, M. (1987). Metode dan Analisis Penelitian. Jakarta: Erlangga.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nisa Aprilia, Yani Setiani, Cecep Anwar Hadi FS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work