Pengembangan Pembelajaran Agama Islam Pada Pendidikan Usia Dini Se-Desa Tegalsawah Karawang di Era Merdeka Belajar

Authors

  • Agus Fudholi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Haerudin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Siti Masruroh Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.4540

Keywords:

Pengembangan Pembelajaran, Agama Islam, PAUD

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Perkembangan Pembelajaran agama Islam pada PAUD Se-Desa Tegalsawah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kulitatif. Subjek penelitiannya  PAUD Se-Desa Tegalsawah. Teknik pengmpulan datanya melalui observasi, wawancara dan doumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu  reduksi data, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran Agama Islam di PAUD se- Desaa Tegal Sawah sudah optimal dengan berusaha membuat program pembelajaran yang berorientasi pada karakter anak yang tinggal di pedesaan. Pemerintah Desa Tegalsawah sudah berperan dalam perekembangan pendidikan PAUD dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana berupa berupa sarana bermain dan membangun satu ruang  kelas, walaupun belum maksimal. Keberhasilan pada lembaga PAUD ada dua yaitu secara akademik dan karakter, secara akademik banyak anak lulusan PAUD mendapatkan prestasi di tingkat sekolah dasar, dan  secara karakter, siswa PAUD memiliki Mental yang kuat,tidak pemalu, lebih kreatif, tahu etika, lebih ceria, sopan santun ,jujur,rajin membaca do’a sehari-hari sabar dan taat pada orangtua dan Guru. Sehingga perilaku yang kurang baik dapat berubah menjadi prilaku yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, MA., Metode Penelitian Kualitatif Dalam Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam berbagai Disiplin Ilmu, Cetk. 3, Februari 2013.

Djamarat dan Syaeful Bahri, Strategi belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2002, hlm. 48

Dedi Supriadi, Satuan Biaya Pendidkan dasar dan menengah, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2003.

Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta, PT. Rineka Cipta, 2006.

Erliana Sudjana, Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan

Fathurrahman Pupuh Sutikno dan M. Sobri, Strategi.

IN Brata, Teknologi Desa ¸jakarta, Ghalia Indonesia, 1984.

Joko Subagio, Metode Penelitian Dalam teori dan Praktek, Jakarta Rineka Cipta, 2004.

Kuntjara Ningrat, Pengantar Antroplogi Pokok-pokok Etnografi II, Rineka Cipta, 2005.

Muniroh Munawar , Pengembangan Perilaku Dalam Pembelajaran Anak Taman Kanak-kanak, Tesis Magister PAUD, UNJ 2009, hlm. xi

Muhammad Syarif Sumantri, Strategi Pembelajaran teori dan Praktik Tingkat Pendidikan dasar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, juni 2015, hlm. 27

Masitoh Dkk, Strategi Pembelajaran TK, jakarta, Pusat Peberbitan Universitas Terbuka, 2005.

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Olga Pandeitot, Hubungan Antara Sikap Orang Tua Terhadap Pendidikan Taman kanak-kanak dan Pemahaman terhadap Perkembangan Anak dengan Kuaitas Bimbingan Belajar Orang tua, Survey pada Orang tua murid Taman Kanak-kanak, ST Fransiskus, Jakarta Timur, 2003, Tesis Magister PAUD, Jakarta, UNJ, 2004, hlm. Viii

Rahardjo, Pengantar Sosiologi Pedesaan dan Pertanian , Yogyakarta, Gadjah Mada University Press, 1999.

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Fudholi, A., Haerudin, H., & Masruroh, S. (2024). Pengembangan Pembelajaran Agama Islam Pada Pendidikan Usia Dini Se-Desa Tegalsawah Karawang di Era Merdeka Belajar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 425–432. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.4540

Issue

Section

Articles