Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Dan Direct Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Joko Tingkir

Authors

  • Domina Kristina Benu Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5772

Abstract

Menulis puisi sangat penting dimiliki siswa sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan ide atau gagasan. Namun fenomena yang terjadi, siswa sering menghadapi kesulitan dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan antara model pembelajaran Sinektik dan Direct Instruction terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Joko Tingkir dan untuk mengetahui diantara pembelajaran sinektik dan direct instruction yang memiliki tingkat perbedaan lebih tinggi terhadap keterampilan menulis puisi  kelas IV Seklah Dasar Gugus Joko Tingkir. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran sinektik (X1) dan model pembelajaran direct instruction (X2). Variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia (Y). Teknik pengambilan data adalah menggunakan teknik tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes keterampilan menulis puisi. Pada penelitian ini uji analisis statistik terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t atau uji beda rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan keterampilan menulis puisi yang ditunjukkan dengan hasil uji-t posttest sinektik dan direct instruction, diperoleh nilai signifikansi lebih kecil 0,001. Karena nilai Sig (two-sided p) adalah 0,001<0,05 maka disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan menulis puisi yang ajarkan dengan model pembelajaran Sinektik dan Direct Instruction Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Joko Tingkir.

Keywords:

Keterampilan Menulis Puisi, Sinektik, Direct Instruction

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriatik, A. N., Kanzunnudin, M., & Nugraheni, L. . (2022). Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin dalam Antologi Puisi Tentang Jejak yang Hilang Karya Jumari HS. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(1), 11–24. https://doi.org/10.56916/bip.v1i1.214

Ambarwati, W. (2017). Pengembangan Model Sinektik Berbantuan Media Video Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Peserta Didik Di Kelas V Sd. Tarling: Journal Of Language Education, 1(1), 91-103.

Aprinawati, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa sekolah dasar negeri 55 pekanbaru. Jurnal basicedu, 1(1), 31-44.

Bachtiar, D. Y., Suhartiningsih, S., & Sihono, S. (2014). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media kartu kata bergambar pada siswa kelas III SDI Al-Khairiyah Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Edukasi, 25-28.

Depdiknas, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas

Hamidah, H., Resnani, R., & Lukman, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Di SD Negeri 49 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(1), 54-60.

Hermita, M. (2016). Pengaruh Penguasaan Diksi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Baru pada Siswa Kelas V SDN Mangkang Wetan 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Joyce, Bruce, dkk. (2015). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mardianis, M. (2022). Penerapan Model Direct Istrucion dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia tentang Menulis Puisi Bebas. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 15-19.

Mawardi, M. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26-40.

Ngurawan, S., & Purwowidodo, A. (2013). Desain Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivisme (Kajian, Toeritis dan Praktis). Tulungagung : STAIN Tulungagung Press.

Pramusinta, Y., & Rifanah, F. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 47-58.

Ramadhani, S. (2020). Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswakelas V Sd Pangeran Antasari Medan Tahunpembelajaran 2020. Jurnal Binagogik, 7(1).

Ratnawati, R. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Sinektik Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri Jlaban. Basic Education, 5(14), 1-370.

Safwan A, (2022). Pengaruh Penggunaan Model Sinektik terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa kelas IV SD Negeri 225 Paneki Kec.Takkalalla Kab.Wajo. Universitas Muhammadiyah Makassar https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/30301-Full_Text.pdf

Supriyadi, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Model Sinektik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 201-211.

Winata, H & Nh, M. I. S., (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (Jpmanper), 1(1), 49-60.

Downloads

Abstract Views : 342
Downloads Count: 257

Published

2023-10-27

How to Cite

Benu, D. K., & Koeswanti, H. D. (2023). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Dan Direct Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Joko Tingkir. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1954–1960. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5772

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.