E-Book Berbantuan Flipsnack Untuk Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Authors

  • Nesya Yumna Rizkiana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Zulherman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5500

Abstract

Dalam konteks pendidikan saat ini, penggunaan media pembelajaran dalam proses kegiatan pembelajaran masih belum optimal. Terdapat pendidik yang belum menggunakan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran di kelas kurang efektif dan menyebabkan peserta didik mudah merasa bosan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-book berbantuan Flipsnack yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan mengadopsi model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah, yaitu SD Bright Kiddie, Depok, dan SD Negeri Baru 01. Dalam tahap pengumpulan informasi, peneliti menggunakan angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Angket tersebut terdiri dari 10 soal untuk ahli media, 10 soal untuk ahli materi, dan 6 soal untuk ahli bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa terhadap media E-book yang dikembangkan menunjukkan kategori sangat layak. Selain itu, hasil uji coba penggunaan media E-book dalam pembelajaran IPA pada kelompok kecil maupun pada kelompok besar juga menunjukkan kategori sangat layak. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media E-book berbantuan Flipsnack sangat layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD.

 

Keywords:

IPA, media e-book, pengembangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.

Dwi Yani, etc. (2022). Pengembangan Media Flipbook Materi Di Kelas II Sekolah Dasar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 1(2), 7–23.

Dyan Wulan Sari Hs, & Agus Kistian. (2020). Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 174–188. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1160

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933

Jumareng, H., & Setiawan, E. (2021). Self-esteem, adversity quotient and self-handicapping: Which aspects are correlated with achievement goals? Cakrawala Pendidikan, 40(1), 147–157. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.37685

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 265–271. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Nanda, M. A. R., & Zulherman. (2022). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Minat Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Google Classroom Berdasarkan Model TAM. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1056–1064. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2817

Nisa, H., Parid, M., Hidayat, A., & Mustofa, A. (2020). Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 169–182. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2224

Nuryana, Z., Xu, W., Lu, S., Pranolo, A., & Ma’Arif, A. (2022). Dynamics of Online Learning during COVID-19 in Indonesia: Bibliometric Analysis and Future Research Agenda. 2022 XII International Conference on Virtual Campus (JICV), 1–6.

Paramitha, A. A., & Zulherman. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Journal of Instructional and Development Researches, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.53621/jider.v2i2.128

Perdana, R., Jumadi, J., Rosana, D., & Riwayani, R. (2020). The online laboratory simulation with concept mapping and problem based learning (Ols-cmpbl): Is it effective in improving students’ digital literacy skills? Cakrawala Pendidikan, 39(2), 382–394. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31491

Puspita, E. I., Rustini, T., & Dewi, D. A. (2021). Rancang Bangun Media E-Book Flipbook Interaktif Pada Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 65–84. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.307

Restu Oktavia. (2019). Kurangnya Mutu Pendidikan Di Indonesia. OSFPREPRINTS, 5–9.

Roza, L., Rodhiah, S. A., & Zulherman, Z. (2022). Development of Multiple Representation-based E-books on Physics Subjects in High Schools. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 3(2), 80–88. https://doi.org/10.30998/npjpe.v3i2.706

Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 530. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419

Zulherman, Z., Hasyyati, & Hapsari, G. P. P. (2022). Analisis Kebutuhan Guru mengenai Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Mentimeter pada Pembelajaran Daring. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 7(2), 112–117. https://doi.org/10.24905/psej.v7i2.114

Downloads

Abstract Views : 329
Downloads Count: 242

Published

2023-08-27

How to Cite

Rizkiana, N. Y., & Zulherman, Z. (2023). E-Book Berbantuan Flipsnack Untuk Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1430–1436. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5500

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.