Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Tipe Kooperatif Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6128Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis teks prosedur kompleks di SMP Swasta Pangeran Antasari. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari tahap studi pendahuluan, pengembangan produk, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan informasi melalui angket, tes, serta validasi ahli materi, ahli desain, dan guru bahasa Indonesia. Tahapan pengembangan bahan ajar melibatkan validasi materi, desain, dan penilaian guru Bahasa Indonesia. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kriteria "sangat baik" dalam aspek keterbantuan, kemudahan, dan ketertarikan. Pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi guru dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat praktis digunakan dalam pembelajaran, meningkatkan keterbantuan, kemudahan, dan ketertarikan siswa terhadap materi. Uji keefektifan modul menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan bahan ajar memiliki peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan yang tidak menggunakan. Hal ini menegaskan bahwa penggunaan modul ini berpotensi meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis teks prosedur kompleks. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar menulis teks prosedur kompleks dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penggunaan modul ini sebagai alat pembelajaran memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keterbantuan, kemudahan, dan ketertarikan siswa terhadap materi pembelajaran Bahasa Indonesia.
Keywords:
bahan ajar, teks prosedur kompleks, model tipe kooperatif jigsawDownloads
References
Anam, A., & Suyata, P. (2014). Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Sma/Smk Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2(1), 12-23.
Borg, W. & R. Gall.(1983). Educational research: an introduction, fifth edition. New York: Longman, 772.
Dwipayana, I. M., Putrama, I. M., & Sugihartini, N. (2018). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Desain Grafis Bitmap Berbasis Project Based Learning Kelas X Multimedia Di SMK TI Bali Global Singaraja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 7(2), 149-156.
Hariani, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Teks Prosedur Kompleks Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Ix-2 Smp Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Guru Kita PGSD, 4(2), 94-108.
Kartikasari, C. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Sd Kelas V. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(3), 109-116.
Khansa, A. F. (2019). Teks editorial sebagai bahan ajar bahasa indonesia kelas xii di sman 12 bandung. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 47-70.
Mahsun. (2018). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta:Rajawali Pres.
Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298-306.
Obe, S. D., Meomanu, H., Da Costa, A. A., & Senda, S. S. (2023). Mengembangkan Kemampuan Intelektual Dan Kepekaan Sosial Anak SDK St. Yoseph Kuaputu Melalui Aplikasi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 181-186.
Permadi. (2017). Pembelajaran Teks Prosedur Kompleks. Bandung: CV. Alfabeta
Saputra, H. J., & Faizah, N. I. (2017). Pengembangan bahan ajar untuk menumbuhkan nilai karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 62-74.
Saputra, E., & Harahap, R. (2022). Pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa SMA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suwarno, S. (2018). Perbedaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Konvensional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. JIATAX (Journal of Islamic Accounting and Tax), 1(1), 19-25.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Samsul Mustika, Panigoran Siburian, Christin Agustina Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work