Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Tipe Kooperatif Jigsaw

Authors

  • Samsul Mustika Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Panigoran Siburian Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Christin Agustina Purba Universitas Prima Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis teks prosedur kompleks di SMP Swasta Pangeran Antasari. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari tahap studi pendahuluan, pengembangan produk, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan informasi melalui angket, tes, serta validasi ahli materi, ahli desain, dan guru bahasa Indonesia. Tahapan pengembangan bahan ajar melibatkan validasi materi, desain, dan penilaian guru Bahasa Indonesia. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kriteria "sangat baik" dalam aspek keterbantuan, kemudahan, dan ketertarikan. Pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi guru dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat praktis digunakan dalam pembelajaran, meningkatkan keterbantuan, kemudahan, dan ketertarikan siswa terhadap materi. Uji keefektifan modul menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan bahan ajar memiliki peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan yang tidak menggunakan. Hal ini menegaskan bahwa penggunaan modul ini berpotensi meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis teks prosedur kompleks. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar menulis teks prosedur kompleks dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penggunaan modul ini sebagai alat pembelajaran memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keterbantuan, kemudahan, dan ketertarikan siswa terhadap materi pembelajaran Bahasa Indonesia.

Keywords:

bahan ajar, teks prosedur kompleks, model tipe kooperatif jigsaw

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, A., & Suyata, P. (2014). Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Sma/Smk Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2(1), 12-23.

Borg, W. & R. Gall.(1983). Educational research: an introduction, fifth edition. New York: Longman, 772.

Dwipayana, I. M., Putrama, I. M., & Sugihartini, N. (2018). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Desain Grafis Bitmap Berbasis Project Based Learning Kelas X Multimedia Di SMK TI Bali Global Singaraja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 7(2), 149-156.

Hariani, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Teks Prosedur Kompleks Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Ix-2 Smp Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Guru Kita PGSD, 4(2), 94-108.

Kartikasari, C. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Sd Kelas V. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(3), 109-116.

Khansa, A. F. (2019). Teks editorial sebagai bahan ajar bahasa indonesia kelas xii di sman 12 bandung. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 47-70.

Mahsun. (2018). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta:Rajawali Pres.

Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298-306.

Obe, S. D., Meomanu, H., Da Costa, A. A., & Senda, S. S. (2023). Mengembangkan Kemampuan Intelektual Dan Kepekaan Sosial Anak SDK St. Yoseph Kuaputu Melalui Aplikasi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 181-186.

Permadi. (2017). Pembelajaran Teks Prosedur Kompleks. Bandung: CV. Alfabeta

Saputra, H. J., & Faizah, N. I. (2017). Pengembangan bahan ajar untuk menumbuhkan nilai karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 62-74.

Saputra, E., & Harahap, R. (2022). Pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa SMA.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, S. (2018). Perbedaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Konvensional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. JIATAX (Journal of Islamic Accounting and Tax), 1(1), 19-25.

Downloads

Abstract Views : 368
Downloads Count: 233

Published

2023-12-31

How to Cite

Mustika, S., Siburian, P., & Purba, C. A. (2023). Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Tipe Kooperatif Jigsaw . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2131–2139. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6128

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.