Pengaruh Metode Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9789Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode paired storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 20 Cakranegara tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 20 Cakranegara yang berjumlah 52 siswa. Sampel penelitian adalah kelas IV A yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja keterampilan berbicara. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 21.00 for Windows pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode paired storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa, hal tersebut ditentukan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai sig. 0,014 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak sehingga ada pengaruh penerapan metode paired storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan penerapan metode paired storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 20 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023.
Keywords:
Metode, Paired Storytelling, Keterampilan BerbicaraDownloads
References
Aji, A. W. (2019). Pengaruh Paired Storytelling Terhadap Kemampuan Berbicara Dan Motivasi Siswa Sekolah Dasar (Eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Mersi, Purwokerto Timur) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Retivered from https://repository.ump.ac.id/10275/
Alawiyah, S. A., Husniati, H., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Metode Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Gugus 8 Kecamatan Janapria. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 154-159.
Anindya, P. (2022). Religious Socialism Gives Birth to A Dynamic World: A Critical Review of Dialectical Materialism and Historical Materialism. Religio Education, 2(1), 21-33.
Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan berbicara siswa sekolah dasar pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327-7333.
Aspiana, A., Gunayasa, I. B. K., & Tahir, M. (2021). Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Gugus III Jonggat Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 173-181.
Damayanti, R., Yudiana, K., & Antara, P. A. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction,3(2), 81-91.
Devita, R., & Budiyanto, C. (2022). Pengaruh metode pembelajaran konvensional terhadap kecerdasan naturlis siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Mekarsari saat pandemi covid-19. Bale Aksara, 3(1), 30-36.
Dhieni, N., & Wulan, S. (2016). The Evaluation of Kindergarten Curriculum Content in DKI Jakarta (Third Year Research). Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, 5(2), 74-81.
Frizka, N., Sihombing, N., & Rangkuti, D. (2022). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara Anak Di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 4(1), 49-59.
Huda, M. (2015). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jannah, M.& Darwis, U. (2022). Pengaruh Pembelajaran Paired storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Peserta didik Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. Jurnal Penenelitian Tindakan. Vol, 01. No, 01. hlm, 4.
Kusuma, W. E., Husniati, H., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Metode Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 50-56.
Octaviani, S. (2017). Penerapan Metode Kooperatif Tipe Bercerita Berpasangan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. Jurnal Pendidikan Progresif,7(1), 61-67.
Prabawardani, Agung, & Parmiti. (2018). Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan Komik Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (2), 147-158.
Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 26(4), 43.
Rizal, S. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Gambar Dua Dimensi. Alibata, 3(1), 31.
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Siahaan, J. H., Sihombing, S., & Simamora, B. A. (2022). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Pematangsiantar TA 2022/2023. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 188-195.
Supriatna, A., Kuswandi, S., Ariffianto, M. A., Suryadipraja, R. P., & Taryana, T. (2022). Upaya melatih kemampuan berbicara Anak Usia Dini melalui metode bercerita. Jurnal Tahsinia, 3(1), 37-44.
Wijayati, L. (2022). Improving Student Learning Outcomes Through The Application Of The Paired Story Telling Method In My Idol Recount Text Material In Class X Mipa 1 Sma Negeri 1 Gedeg. Jurnal Scientia, 11(02), 838-848.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ida Bagus Made Yuro Manu Saputra, Syaiful Musaddat, Prayogi Dwina Angga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work