Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Higher Order Thinking Skills Terintegrasi Karakter

Authors

  • Nani Agustin Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2259

Keywords:

Ensiklopedia digital, HOTS, Karakter

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran yang sangat penting bagi peserta didik. Hal itu dikarenakan IPA mempelajari tentang alam dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Perlu adanya pengembangan ensiklopedia digital untuk mempermudah pemahaman serta memberikan daya tarik bagi peserta didik. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ensiklopedia digital berbasis HOTS terintegrasi karakter pada materi siklus air kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desigin, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji coba dilakukan secara terbatas dan diperluas di SD Negeri 2 Pacor. Teknik pengumpulan data antara lain wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan, yaitu lembar wawancara, lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan soal tes. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu menghasilkan ensiklopedia digital berbasis HOTS terintegrasi karakter. Kevalidan ensiklopedia digital dari ahli materi medapatkan rerata skor 2,78 dengan kategori valid, sedangkan dari ahli media mendapatkan rerata skor 3,85 dan praktisi mendapatkan skor 3,90 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan ensiklopedia digital dari respon peserta didik uji coba terbatas memperoleh skor 3,65 dan uji coba diperluas memperoleh skor rerata 3,62 dengan kategori sangat praktis. Keefektifan ensiklopedia digital dari hasil belajar peserta didik yang mencapai 78,57% dengan kriteria efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awang, I. S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6(2).
Devi, R. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Siswa Kelas V SD Negeri 05 Beji Pemalang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Ismia, Nurhalisa, I., & Alwan. (2020). Penerapan Kebijakan Pendidikan Budaya dan Karakter di Sekolah. Jurnal Mappesona, 3, No 3.
Jasra, R., Astuti, R., & Irham, M. (2020). Analisis Penerapan Kebijakan Berbasis Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Mappesona, 3.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mansyur. (2018). Encyclopedia of Local Historical Figures as a Learning Source of Independent Local Content for Students of Junior High School in South Kalimantan. Atlantis Press, 147(Icsse 2017), 203–205. https://doi.org/10.2991/icsse-17.2018.46
Maulani, G. A. F. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Digital Tentang Tata Surya Berbasis Mobile Menggunakan J2ME. Jurnal Petik, 2(2), 11. https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i2.68
Nadhiroh, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Termodinamika. Pendidikan Fisika. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Ngazizah, N., Linda, R. F. C., Kurniasari, S. G., Fakhrina, A., & Widanti. (2020). Analisis Kemampuan HOTS melalui PJBL dimasa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Semester 2 pada Mata Kuliah IPA Lanjut. Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 90–99.
Nurhatmi, J., Rusdi, M., & Kamid. (2015). Pengembangan Ensiklopedia Digital Teknologi Listrik Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Edu-Sains, 4(April), 26–31.
Primayana, K. H. (2019). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah dengan Berorientasi Pembentukan Karakter untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss ( HOTS ) Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 85–92.
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Pranadamedia Group.

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Agustin, N., Ratnaningsih, A., & Anjarini, T. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Higher Order Thinking Skills Terintegrasi Karakter . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 641–648. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2259

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)