Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Higher Order Thinking Skills Terintegrasi Karakter
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2259Abstract
Pembelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran yang sangat penting bagi peserta didik. Hal itu dikarenakan IPA mempelajari tentang alam dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Perlu adanya pengembangan ensiklopedia digital untuk mempermudah pemahaman serta memberikan daya tarik bagi peserta didik. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ensiklopedia digital berbasis HOTS terintegrasi karakter pada materi siklus air kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desigin, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji coba dilakukan secara terbatas dan diperluas di SD Negeri 2 Pacor. Teknik pengumpulan data antara lain wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan, yaitu lembar wawancara, lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan soal tes. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu menghasilkan ensiklopedia digital berbasis HOTS terintegrasi karakter. Kevalidan ensiklopedia digital dari ahli materi medapatkan rerata skor 2,78 dengan kategori valid, sedangkan dari ahli media mendapatkan rerata skor 3,85 dan praktisi mendapatkan skor 3,90 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan ensiklopedia digital dari respon peserta didik uji coba terbatas memperoleh skor 3,65 dan uji coba diperluas memperoleh skor rerata 3,62 dengan kategori sangat praktis. Keefektifan ensiklopedia digital dari hasil belajar peserta didik yang mencapai 78,57% dengan kriteria efektif.
Keywords:
Ensiklopedia digital, HOTS, KarakterDownloads
References
Devi, R. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Siswa Kelas V SD Negeri 05 Beji Pemalang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Ismia, Nurhalisa, I., & Alwan. (2020). Penerapan Kebijakan Pendidikan Budaya dan Karakter di Sekolah. Jurnal Mappesona, 3, No 3.
Jasra, R., Astuti, R., & Irham, M. (2020). Analisis Penerapan Kebijakan Berbasis Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Mappesona, 3.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mansyur. (2018). Encyclopedia of Local Historical Figures as a Learning Source of Independent Local Content for Students of Junior High School in South Kalimantan. Atlantis Press, 147(Icsse 2017), 203–205. https://doi.org/10.2991/icsse-17.2018.46
Maulani, G. A. F. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Digital Tentang Tata Surya Berbasis Mobile Menggunakan J2ME. Jurnal Petik, 2(2), 11. https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i2.68
Nadhiroh, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Termodinamika. Pendidikan Fisika. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Ngazizah, N., Linda, R. F. C., Kurniasari, S. G., Fakhrina, A., & Widanti. (2020). Analisis Kemampuan HOTS melalui PJBL dimasa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Semester 2 pada Mata Kuliah IPA Lanjut. Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 90–99.
Nurhatmi, J., Rusdi, M., & Kamid. (2015). Pengembangan Ensiklopedia Digital Teknologi Listrik Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Edu-Sains, 4(April), 26–31.
Primayana, K. H. (2019). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah dengan Berorientasi Pembentukan Karakter untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss ( HOTS ) Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 85–92.
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Pranadamedia Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work