Hubungan Program Adiwiyata Dengan Nilai Karakter Peduli Lingkungan

Authors

  • Sri Mulyani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyoto Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2228

Keywords:

Program Adiwiyata, Nilai Karakter Peduli Lingkungan

Abstract

Banyak kerusakan lingkungan yang terjadi sebagian besar akibat ulah manusia. Kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan disebabkan oleh pola pikir manusia yang menganggap perilaku buruk adalah hal yang wajar. Program adiwiyata merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan meningkatkan nilai karakter peduli lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara program adiwiyata dengan nilai karakter peduli lingkungan di SD Negeri Kliwonan Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III, IV, dan V SD Negeri Kliwonan tahun pelajaran 2021/2022 yang dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner (angket) Instrumen yang digunakan adalah angket persepsi siswa tentang program adiwiyata dan angket perilaku nilai karakter peduli lingkungan. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara program adiwiyata dengan nilai karakter peduli lingkungan. Maka dapat disimpulkan bahwa progran adiwiyata memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai karakter siswa kelas III, IV, dan V di SD Negeri Kliwonan Kabupaten Purworejo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andina, E. (2019). Analisis Perilaku Pemilahan Sampah di Kota Surabaya. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 119-138.

Demar, A. I., Kolibu, F. K., & Engkeng, S. (2020). Hubungan Implementasi Program Adiwiyata Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Peserta Didik di SMP Lentera Harapan Tomohon Tahun 2020. Jurnal Kesmas, 9(6), Hal. 68-74. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/30932. Diunduh 02 Oktober 2021

Handayani, T., Wuryadi, W., & Zamroni, Z. (2015). Pembudayaan Nilai Kebangsaan Siswa Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Adiwiyata Mandiri. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3(1), 95-105.

Handayani, T., & Yudha, C. B. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Berbasis Ekopedagogik. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), Hal. 36-42. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25735. Diunduh 27 Oktober 2021

Harjianto, H., Febyanti, R. F., & Efendi, Y. K. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adi Wiyata di SMK Negeri Kalibaru Sebagai Upaya dalam Mendukung Gerakan Banyuwangi Merdeka Dari Plastik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 969-974.

MenLHK. (2019). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.53/Menlhk/Setjen/Kum.1/9/2019 Tentang Penghargaan Adiwiyata. Hal. 1-34. http://jdih.menlhk.co.id/uploads/files/P_53_2019_adiwiyata_menlhk_11132019083053.pdf. Diunduh 13 Oktober 2021

Muhtadi, A.; Zaimah: Yusuf, A. ;Wahid. (2011). Tingkatkan Taqwa Melalui Kepedulian Lingkungan (Peduli Lingkungan dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup.

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., ... & Suistri, S. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35-41.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. bandung: Alfabeta.

Sumartiningtyas, H. K. N. (2020). Indonesia Hasilkan 64 Juta Ton Sampah, Bisakah Kapasitas Pengelolaan Tercapai Tahun 2025? https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/18/070200023/indonesia-hasilkan-64-juta-ton-sampah-bisakah-kapasitas-pengelolaan?page=all. Diunduh pada 19 November 2021

Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. (2011). Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Hal. 1-44. http://jdih.menlhk.co.id/uploads/files/P_53_2019_ADIWIYATA_menlhk_11132019083053.pdf. Diunduh 05 Oktober 2021

Toharoh, L., Khaq, M., & Suyoto. (2021). Analisis Deskriptif Pelaksanaan Program Adiwiyata di SDN Brenggong. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(1), Hal. 2774-2156. https://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/32. Diunduh 29 Oktober 2021

Wadu, L. B., Gultom, A. F., & Pantus, F. (2020). Penyediaan Air Bersih Dan Sanitasi: Bentuk Keterlibatan Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 80-88.

Yusuf, R., Sanusi, S., Maimun, M., Fajri, I., & Putra, I. (2020). Hubungan Antara Kewarganegaraan Lingkungan Terhadap Perilaku Lingkungan Siswa Di Sekolah Adiwiyata. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 1. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8215. Diunduh pada 26 Oktober 2021

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Mulyani, S., Suyoto`, S., & Anjarini, T. (2022). Hubungan Program Adiwiyata Dengan Nilai Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 724–728. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2228

Issue

Section

Articles